AVX-VNNI-INT8 & AVX-IFMA Mendarat di GCC 13

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sebagai bagian dari pekerjaan Intel yang mulai mengaktifkan dukungan kompiler untuk CPU Sierra Forest mereka, dukungan AVX-VNNI-INT8 dan AVX-IFMA telah digabungkan ke dalam kompiler GCC 13 untuk mendukung instruksi ini yang pertama kali diperkenalkan dengan Intel Sierra Forest dan Grand Ridge.
AVX-VNNI-INT8 mirip dengan AVX-VNNI yang ada yang ditemukan dengan danau Alder dan Sapphire Rapids tetapi untuk tipe INT8. Pada gilirannya AVX-VNNI adalah varian VEX dari AVX512-VNNI. Vector Neural Network Instructions (VNNI) dengan INT8 asli akan lebih membantu kinerja pembelajaran mendalam untuk prosesor baru Intel pada tahun 2024.
Patch ini sekarang di GCC 13 menyediakan semua pipa ledeng untuk AVX-VNNI-INT8 dan “-mavxvnniint8” yang baru. Dukungan AVX-VNNI-INT8 akan diaktifkan secara otomatis setelah target -march=sierraforest ditambahkan.
Tambalan tindak lanjut yang digabungkan pada saat yang sama akan memvektorisasi produk sdot dan produk udot secara otomatis dengan instruksi VNNI INT8.
Patch lain yang digabungkan dalam semalam menambahkan infrastruktur AVX-IFMA untuk GNU Compiler Collection. AVX-IFMA adalah untuk Non-AVX-512 Integer Fused Multiply Add.
Ada baiknya selalu melihat para insinyur Intel tepat waktu dengan dukungan pengaktifan kompiler mereka untuk instruksi baru dan dukungan prosesor. GCC 13 dengan tambahan ini dan banyak lagi akan debut stabil sekitar bulan April.

Itulah berita seputar AVX-VNNI-INT8 & AVX-IFMA Mendarat di GCC 13, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.