Awal – Tapi Dinonaktifkan – Dukungan Ditambahkan Untuk Intel Meteor Lake Dengan Mesa 23.0

  • Post author:
  • Post category:Linux

Insinyur Intel telah sibuk menghadirkan dukungan Meteor Lake untuk Linux dari grafik terintegrasi yang ditingkatkan ke area lain dari prosesor Core generasi berikutnya yang pada akhirnya akan menggantikan Raptor Lake. Selain pekerjaan berat dan berkelanjutan dengan driver grafis kernel i915, dukungan Meteor Lake awal telah digabungkan sekarang untuk Mesa. Informasi / platform perangkat awal untuk Meteor Lake (MTL) telah digabungkan ke Mesa 23.0. Namun, dukungan awal ini dinonaktifkan secara default: ID PCI dikomentari sehingga seseorang perlu mengkompilasi ulang Mesa dengan baris yang tidak dikomentari untuk menikmati dukungan apa pun. Untuk saat ini kode Mesa ini hanyalah pengaktifan telanjang dengan sebagian besar fokus saat ini berada di sisi driver grafis kernel dan membangun jalur kode driver DG2 yang ada. Dukungan yang dinonaktifkan ini serupa dengan apa yang dilakukan oleh para insinyur Intel saat membuka DG2/Alchemist Arc Graphics membiarkan ID PCI dikomentari hingga siap untuk memperlakukan dukungan driver OpenGL dan Vulkan sebagai stabil/didukung. ID grafis Meteor Lake yang ditambahkan tetapi dinonaktifkan adalah 0x7d40, 0x7d45, 0x7d55, 0x7d60, dan 0x7dd5. Informasi perangkat Meteor Lake lainnya menegaskan kembali bahwa yang sudah dikenal untuk grafik terintegrasi adalah bahwa mereka akan mendekati apa yang ditemukan dengan perangkat keras grafis diskrit DG2/Alchemist tetapi dalam bentuk terintegrasi — termasuk fitur seperti Vulkan mesh shader dan ray-tracing untuk bekerja dengannya Grafis terintegrasi Meteor Lake.

Jadi tambalan ini sekarang menjadi bagian dari Mesa 23.0 tetapi jangan berharap dukungan diaktifkan/diiklankan hingga rilis selanjutnya setelah memastikan API ruang pengguna dan semua fungsionalitas dalam kondisi yang baik. Demikian pula, pada Linux 6.2 / DRM-Next, dukungan Meteor Lake masih diperlakukan sebagai eksperimental / di belakang opsi “force_probe”. Prosesor Meteor Lake tidak diharapkan akan dirilis hingga akhir 2023 atau bahkan 2024 dengan rumor penundaan yang sudah ada. Dalam hal ini masih ada beberapa rilis kernel Linux dan Mesa yang akan digunakan di mana kode baru ini dapat dikuadratkan sebelum mengaktifkannya dan masih memiliki dukungan out-of-the-box pada waktunya untuk hari peluncuran.

Itulah berita seputar Awal – Tapi Dinonaktifkan – Dukungan Ditambahkan Untuk Intel Meteor Lake Dengan Mesa 23.0, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.