Belanja Liburan 2023: FSF Mendukung WiFi 802.11n, Papan Opteron & Kabel Printer USB Ke Paralel

Free Software Foundation minggu ini menerbitkan panduan belanja liburan tahun 2023 untuk layanan dan produk yang mematuhi standar perangkat lunak bebas murni mereka, seperti perangkat keras komputer yang “menghargai kebebasan Anda” berapa pun usia perangkat kerasnya.
Free Software Foundation menerbitkan “Ethical Tech Giving Guide” tahunannya yang ke-14 yang merekomendasikan ponsel cerdas yang menggunakan Replicant OS yang diturunkan dari Android dan menghindari iPhone, untuk komputer desktop mereka merekomendasikan desktop “Vikings D8” sebagai motherboard ASUS yang di-flash dengan Libreboot/Coreboot kembali dari masa AMD Opteron, adaptor WiFi mini 802.11n, eBook bebas DRM, dan menjauhi Amazon.

Rekomendasi perangkat keras FSF untuk musim belanja liburan tahun 2023 sulit dipahami kecuali di antara sebagian besar penganut perangkat lunak bebas. Vikings D8 adalah motherboard ASUS KGPE-D16 yang di-flash dengan Coreboot-downstream Libreboot. ASUS KGPE-D16 berasal dari seri AMD Opteron 6000 dan memiliki dukungan memori DDR3-1600. Motherboard server usang ini di-flash dengan Libreboot dijual seharga €593,81 (~$650 USD). Selain memiliki firmware sumber terbuka, sulit untuk mendukungnya terutama mengingat era kerentanan keamanan CPU saat ini dan CPU yang sudah ketinggalan zaman tidak melihat pembaruan mikrokode atau panduan keamanan formal apa pun — bersama dengan fakta FSF tidak menyukai mikrokode sumber tertutup yang tidak dimasukkan ke dalam perangkat keras. Namun bagi mereka yang peduli terhadap lingkungan/iklim, sistem “perangkat lunak bebas” yang sudah ketinggalan zaman ini jauh lebih hemat daya dibandingkan CPU/sistem yang lebih baru.
Panduan perangkat keras FSF Respect Your Freedom yang mereka rekomendasikan untuk pemberian hadiah tahun 2023 juga tetap berisi perangkat keras dari tahun lalu: adaptor WiFi 802.11n, mikrofon desktop USB, berbagai model ThinkPad lama yang di-flash dengan Libreboot, suara stereo eksternal USB 2.0, dan untuk seseorang yang sangat istimewa di tahun 2023 adalah kabel printer USB to parallel. FSF awalnya mendukung kabel USB ke printer paralel pada tahun 2019. Perangkat keras yang sudah ketinggalan zaman ini bukannya lebih murah tetapi sering kali memiliki harga yang mahal mengingat cakupannya yang terbatas.

Ada beberapa item yang lebih baru dan relevan yang merupakan bagian dari daftar FSF RYF seperti Raptor Computing Systems Talos II dan printer LulzBot 3D tetapi untuk sebagian besar perangkat keras dalam daftar, sayangnya sudah ketinggalan zaman dan sulit dianggap serius kecuali sebagian besar penganut puritan perangkat lunak bebas yang setia. Tujuan dari daftar FSF RYF baik tetapi pelaksanaannya buruk dan keadaan industri perangkat keras (terbuka) yang menyedihkan.
Bagaimanapun, mereka yang tertarik dengan Panduan Pemberian Hadiah Free Software Foundation 2023 dapat menemukannya di FSF.org.

Itulah berita seputar Belanja Liburan 2023: FSF Mendukung WiFi 802.11n, Papan Opteron & Kabel Printer USB Ke Paralel, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.