Benchmark Grafis AMD Radeon 680M Di Berbagai Kernel Linux, Versi Mesa

  • Post author:
  • Post category:Linux

Dengan prosesor seluler Ryzen 6000 “Rembrandt” yang paling menarik dari SoC Zen 3+ ini adalah peningkatan efisiensi energi dan perpindahan dari grafis Vega ke RDNA2 seperti halnya Radeon 680M yang ditemukan pada Ryzen 7 PRO 6850U yang saya telah menjalankan banyak benchmark Linux selama beberapa minggu terakhir. Bagi mereka yang bertanya-tanya apakah pindah ke kernel Linux atau versi Mesa yang lebih baru dengan grafis terintegrasi Radeon 680M terbayar, berikut adalah beberapa tolok ukur referensi yang baru-baru ini saya lakukan.
Grafis AMD Radeon 680M (RDNA2) adalah peningkatan yang hebat dari perangkat keras GFX9/Vega yang telah lama digunakan dengan APU AMD. Saya terus terkesan dengan grafik dan kinerja per Watt dari pengujian Ryzen 7 PRO 6850U saya yang sedang berlangsung menggunakan Lenovo ThinkPad X13 Gen3.

Baru-baru ini saya melakukan beberapa benchmark referensi dari stok Ubuntu 22.04 LTS dan kemudian berbagai kernel Linux dan upgrade Mesa bagi mereka yang bertanya-tanya apakah itu terbayar dengan pindah ke beberapa paket yang lebih baru.
Jawaban singkatnya adalah, bahkan tumpukan stok Ubuntu 22.04 LTS cukup baik untuk sebagian besar tolok ukur tetapi ada beberapa pengecualian. Perlu ditunjukkan bahwa kernel default Ubuntu 22.04 sekarang menggunakan amd-pstate untuk SoC AMD yang lebih baru daripada ACPI CPUFreq, yang masih merupakan default jalur utama.
Dalam kasus GravityMark, kernel Linux 5.15 berkinerja sedikit lebih cepat tetapi mungkin karena kernel stok Ubuntu 22.04 menggunakan amd-pstate pada sistem ini — tetapi saya memiliki perbandingan CPUFreq vs. P-State yang akan segera hadir.
Untuk sebagian besar tolok ukur, tidak ada terlalu banyak perbedaan di seluruh versi kernel Linux dan Mesa yang diuji.
Kernel yang lebih baru memang membantu dalam beberapa tolok ukur dengan jumlah yang kecil.
YQuake2 menunjukkan regresi pada Mesa yang lebih baru, mirip dengan regresi yquake2 dalam tolok ukur Radeon RX 6700/6800 XT baru-baru ini, tetapi game turunan Quake II ini sudah berjalan sangat cepat di hampir semua perangkat keras modern…
Dengan pengecualian langka, bahkan menjalankan paket stok Ubuntu 22.04 LTS dari Mesa 22.0 dan Linux 5.15 sudah cukup baik untuk grafis Radeon 680M dengan SoC AMD Rembrandt sehingga pengguna Linux tidak perlu melewati rintangan ekstra untuk menikmati grafis AMD APU baru ini dengan kecepatan tinggi. Mereka yang ingin melihat semua tolok ukur referensi ini dapat melakukannya melalui file hasil ini. Jika Anda melewatkannya, lihat ulasan perbandingan Radeon 680M Linux saya sebelumnya untuk melihat bagaimana kinerjanya dibandingkan dengan notebook lain.

Itulah berita seputar Benchmark Grafis AMD Radeon 680M Di Berbagai Kernel Linux, Versi Mesa, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.