Blender 3.2 Mengaktifkan Rendering GPU AMD di Linux, Menambahkan Fitur Rendering Baru

  • Post author:
  • Post category:Linux


The Blender Foundation hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum Blender 3.2 sebagai rilis poin kedua dalam seri Blender 3.x utama dari perangkat lunak pemodelan 3D open-source, gratis, dan lintas platform ini.

Blender 3.2 hadir hanya tiga bulan setelahnya. Blender 3.1 dan memperkenalkan fitur rendering baru seperti tipe baru dari Cycles render pass yang hanya terdiri dari pencahayaan dari subset sumber cahaya, kemampuan untuk menggunakan grup cahaya untuk memodifikasi warna dan/atau intensitas sumber cahaya dalam compositor tanpa re- rendering.

Selain itu, Blender 3.2 menambahkan banyak barang lain ke fitur Siklus, termasuk dukungan untuk rendering selektif kaustik dalam bayangan objek bias, yang didasarkan pada metode “Manifold Next Event Estimasi”, dukungan untuk gerakan kabur, yang dapat digunakan untuk simulasi gas dan volume OpenVDB yang diimpor, dukungan untuk manajemen warna yang berbeda untuk Render dan Viewport, dan dukungan untuk pengambilan sampel adaptif dengan jarak pengacakan.nb sp
Ada juga fitur baru yang besar untuk pengguna Linux di Blender 3.2, yaitu dukungan rendering GPU AMD untuk keluarga RDNA dan RDNA2 dari kartu grafis AMD Radeon, termasuk seri Radeon RX 5000 dan RX 6000, serta seri Radeon Pro W6000. Fitur ini memerlukan driver grafis AMD Radeon 22.10 untuk diinstal pada distribusi GNU/Linux Anda.

Alat pengecatan baru juga hadir dalam rilis ini, seperti pengaturan baru untuk penyesuaian lebih besar dari kuas cat baru, termasuk kerapatan, aliran, bentuk, dan pencampuran basah, sikat Smear berkinerja tinggi baru, alat Mask by Color baru untuk membuat topeng dengan cepat, serta alat Filter Warna baru untuk menerapkan berbagai efek pada area yang tidak tertutup.

Di antara perubahan penting lainnya, Blender sekarang mempertahankan semua atribut warna saat menggunakan voxel remesher, pewarnaan atribut warna sekarang didukung di seluruh masking, auto-masking, dan set wajah, node baru tersedia untuk membantu Anda membuat geometri baru dengan elemen yang ditentukan, Anda sekarang dapat menambahkan aset koleksi sebagai instance atau objek nyata, sekarang mungkin untuk menambahkan, mengubah, dan menghapus titik kontrol dengan cepat, dan Anda sekarang dapat mengatur pengeditan Anda melalui nama saluran.

Terakhir, Blender 3.2 menambahkan dukungan untuk kustom pintasan keyboard ke menu “Insert Keyframe”, dukungan untuk font Woff dan Woff2, dukungan untuk pengontrol HTC Vive Focus 3, dukungan untuk gambar WebP, serta banyak peningkatan kinerja, perbaikan bug, dan perubahan lainnya.

Anda dapat mengunduh Blender 3.2 dengan benar sekarang dari situs web resmi sebagai file biner yang tidak memerlukan instalasi apa pun di disk lokal. Untuk mendapatkan gambaran visual tentang fitur dan peningkatan baru yang diterapkan di Blender 3.2, lihat video di bawah ini!

Sumber: Google, 9to5linux.com