Clonezilla Live 3.0.1 Disk Imaging/Alat Kloning Berbasis Debian Dirilis dengan Linux 5.18


Steven Shiau hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum Clonezilla Live 3.0.1 sebagai versi stabil terbaru dari sistem live berbasis Debian ini untuk tugas pencitraan/kloning disk berdasarkan perangkat lunak Clonezilla yang kuat.

Disinkronkan dengan repositori Debian Sid mulai 12 Juni , 2022, rilis Clonezilla Live 3.0.1 adalah pembaruan kecil pertama untuk seri Clonezilla Live 3.0 yang diluncurkan pada akhir Mei 2022 dengan dukungan APFS dan LUKS, serta berbagai peningkatan lainnya.

Clonezilla Live 3.0.1 didukung oleh kernel Linux 5.18.5 terbaru dan terbaik untuk memberikan dukungan perangkat keras yang lebih baik kepada pengguna, dan memperkenalkan beberapa paket baru ke sistem langsung, termasuk dfc untuk melaporkan informasi penggunaan ruang sistem file, penggunaan duf disk/utilitas gratis, pencari file duplikat duff, dan ngrep network package analyzer.

Juga yang baru dalam rilis ini adalah beberapa opsi lagi yang dapat diuraikan dalam parameter boot, termasuk extra_pbzip2_opt, extra_lbzip2_opt, extra_plzip_opt, extra_lz4mt_opt, dan extra_xz_opt.

Selain itu, live-boot telah diperbarui ke 1:20220505.drbl1 dan jfbterm 0.4.7-49.drbl2, yang terakhir disinkronkan dengan nomor versi dari Fedora Linux, lebih banyak jenis nama perangkat NIC berkabel sekarang didukung di ocs-live-netcfg, dan opsi –rsyncable zstd telah dinonaktifkan karena kinerja yang buruk.

Beberapa bug dari versi 3.0 juga telah diatasi, seperti buggy /usr/share/terminfo/j/jfbterm dari ncurses-term dan Sudo pawning pseudo-terminal saat menjalankan pekerjaan, membuat ocs-live-run-menu berjalan dua kali dan merusak konsol. Untuk detail lebih lanjut, lihat catatan rilis.

Anda dapat mengunduh Clonezilla Live 3.0.1 sekarang juga untuk sistem PAE 64-bit (amd64), 32-bit (i686), dan 32-bit menggunakan tautan unduhan langsung di bawah atau dari situs web resmi, tempat Anda dapat mempelajari cara memulai dengan alat canggih ini untuk pencitraan disk, kloning, pencadangan, pemulihan, dll. tugas yang mungkin perlu Anda lakukan di komputer Anda.
Unduh Clonezilla Live 3.0.1-8

Sumber: Google, 9to5linux.com