Collabora Mengumumkan NVK, Driver Vulkan Sumber Terbuka Baru untuk Perangkat Keras NVIDIA di Mesa

  • Post author:
  • Post category:Linux

Jason Ekstrand dari
Collabora hari ini mengumumkan driver grafis Vulkan baru untuk perangkat keras NVIDIA yang disebut NVK, yang akan diimplementasikan di tumpukan grafis sumber terbuka Mesa untuk dinikmati semua orang.

Kita semua tahu bahwa GPU NVIDIA tidak menerima dukungan yang cukup dari Linux dan Open Komunitas sumber, setidaknya tidak sampai NVIDIA akhirnya memutuskan untuk membuka sumber driver grafis mereka. Driver Nouveau open-source tidak memiliki dukungan dan fitur perangkat keras baru, setidaknya dibandingkan dengan driver open-source yang tersedia untuk AMD dan GPU Intel.

Di sinilah NVK berperan, ditulis hampir seluruhnya dari awal oleh Jason Ekstrand dari Collabora, serta Karol Herbst dan Dave Airlie dari Red Hat, menggunakan header resmi baru dari NVIDIA. NVK bertujuan untuk menjadi driver Vulkan referensi baru untuk perangkat keras NVIDIA dan akan dikirimkan dengan rilis tumpukan grafis Mesa mendatang.
“Kenyataan yang disayangkan adalah, sementara driver nouveau asli ditulis oleh beberapa insinyur luar biasa dan canggih. seni satu dekade yang lalu, mereka telah tertinggal dalam beberapa tahun terakhir, ”kata Jason Ekstrand. “Salah satu tujuan pribadi saya untuk NVK adalah menjadi referensi driver Vulkan baru di Mesa. Untuk itu, saya membangun NVK dengan semua praktik terbaik yang telah kami kembangkan untuk driver Vulkan selama 7,5 tahun terakhir dan mencoba menjaga basis kode tetap bersih dan terorganisir dengan baik.”
NVK telah dikembangkan selama beberapa tahun terakhir bulan dan saat ini hadir dengan serangkaian fitur yang sangat mendasar dan mendukung NVIDIA Turing dan arsitektur yang lebih baru. Dukungan untuk arsitektur GPU NVIDIA Kepler, Maxwell, dan Pascal juga akan hadir, semoga sebelum siap untuk penyebaran massal dalam rilis Mesa mendatang.

Kredit gambar: Collabora

Mengembangkan cerita…

Sumber: Google, 9to5linux.com