CUPS 2.4.2 Dirilis Dengan Dukungan OpenSSL/LibreSSL Dipulihkan, AIX Dihidupkan Kembali

Sejak tahun lalu pengembangan CUPS bergeser ke proyek OpenPrinting dengan Apple tidak lagi mengejar pengembangan fitur pada server cetak Unix open-source yang sudah lama ini. Itu menyebabkan rilis CUPS 2.4 dan bekerja pada server cetak sumber terbuka ini telah dihidupkan kembali. Keluar hari ini adalah CUPS 2.4.2 dengan beberapa fitur baru. CUPS 2.4.2 menghadirkan sejumlah perbaikan dan beberapa fitur penting: dukungan LibreSSL/OpenSSL, dukungan platform AIX minimal, dan menangani CVE-2022-26691 seputar masalah perbandingan string sertifikat untuk otorisasi lokal. Kembali ke CUPS 1.2 hari ada dukungan OpenSSL tetapi telah dihapus sejak CUPS 1.3 karena bentuk kode OpenSSL yang relatif buruk pada saat itu. Tetapi dengan OpenSSL yang lebih kuat akhir-akhir ini dan LibreSSL juga tersedia dan sehat untuk kemajuan, CUPS 2.4.2 siap untuk memperkenalkan kembali dukungan OpenSSL dan LibreSSL ke CUPS/libcups. Demikian pula, dukungan platform AIX sebelumnya mengalami keadaan menyedihkan di CUPS dan telah dihapus. Namun, pengembang kini telah meningkatkan untuk mengaktifkan kembali dukungan perpustakaan bersama untuk AIX. Dukungan ini berarti hanya memperbarui beberapa flag DSO dan LD agar platform dapat dibangun dengan benar dan komitmen dari pengembang untuk secara teratur menguji CUPS di AIX ke depan. CUPS juga memiliki berbagai macam perbaikan bug dari antarmuka webnya hingga berbagai perbaikan inti. Maskot OpenPrinting CUPS.

Downloads dan detail lebih lanjut tentang rilis CUPS 2.4.2 OpenPrinting melalui GitHub. Detail lebih lanjut tentang status OpenPrinting CUPS saat ini melalui openprinting.github.io. Sementara CUPS 2.5 sebagai rilis besar berikutnya diharapkan akan keluar akhir tahun ini.

Itulah berita seputar CUPS 2.4.2 Dirilis Dengan Dukungan OpenSSL/LibreSSL Dipulihkan, AIX Dihidupkan Kembali, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.