Darktable 4.0 Dirilis untuk Merayakan 10 Tahun Pengeditan Gambar RAW Sumber Terbuka

  • Post author:
  • Post category:Linux


Tim darktable hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum darktable 4.0 dalam perayaan ulang tahun ke-10 proyek, rilis besar yang menghadirkan banyak fitur dan penyempurnaan baru.

Dihadirkan lebih dari lima bulan setelah darktable 3.8.1, rilis darktable 4.0 hadir untuk memperkenalkan fitur baru yang disebut Pemetaan Warna dan Eksposur untuk memastikan rendisi warna yang seragam, yang diimplementasikan dalam modul Eksposur dan Kalibrasi Warna dan memungkinkan Anda menentukan dan menyimpan warna/eksposur target untuk pemilih warna. Misalnya, Anda dapat menggunakannya untuk melakukan keseimbangan putih terhadap objek non-abu-abu dengan warna yang diketahui.

Darktable 4.0 juga memperkenalkan ilmu warna baru yang disebut Filmic v6, yang menggantikan desaturasi wajib dengan pemetaan gamut sejati terhadap ruang warna keluaran, yang baru metode “guided laplacian” ke modul “highlightreconstruction” untuk membantu Anda mengekstrak detail yang valid dari saluran RGB yang tidak terpotong, serta dukungan glosarium warna di Global Color Picker.

Di antara perubahan penting lainnya, rilis darktable baru menambahkan preset keseimbangan putih untuk kamera digital Nikon D4S, Panasonic DC-S5, dan Sony ILCE-7M4, memperkenalkan Uniform Color Space 2022 (UCS 22), dan metode rekonstruksi laplacian terpandu baru dalam modul rekonstruksi sorotan.

Antarmuka pengguna grafis telah sepenuhnya diubah untuk meningkatkan tampilan dan konsistensi darktable, bersama dengan perataan, warna, kontras, bagian yang dapat dilipat, ikon, margin, dan padding. Selain itu, modul vignetting dibagi menjadi dua bagian untuk kejelasan, ada dukungan untuk font IPAPGothic, dan Elegant Grey ditetapkan sebagai tema default baru.

Di antara perubahan lainnya, ada dukungan untuk informasi DNG GainMap EXIF ​​dan EXR 16-bit (setengah) ekspor float, mode saran penandaan ditingkatkan, dan ada modul “filter koleksi” baru dan parameter “kontras”. Banyak peningkatan kinerja juga hadir di Darktable 4.0, bersama dengan perbaikan bug yang tak terhitung jumlahnya.

Lihat catatan rilis untuk detail lebih lanjut tentang semua perubahan yang diperkenalkan di Darktable 4.0, yang dapat Anda unduh sekarang dari situs web resmi sebagai tarball sumber yang Anda harus dikompilasi pada distribusi GNU/Linux Anda. Jika itu bukan secangkir teh Anda, Anda akan dapat menginstalnya sebagai aplikasi Flatpak dari Flathub atau dari repositori distro Anda dalam beberapa hari mendatang.

Sumber: Google, 9to5linux.com