Debian Memilih Solusi Akal Sehat yang Masuk akal Untuk Menghadapi Firmware Tidak Bebas

  • Post author:
  • Post category:Linux

Pengembang Debian telah mencari tahu sikap terbaru untuk mengambil firmware non-bebas mengingat meningkatnya jumlah perangkat yang sekarang memiliki driver Linux open-source tetapi membutuhkan firmware sumber tertutup untuk tingkat fungsionalitas apa pun. Pemungutan suara pada masalah firmware non-bebas kini telah berakhir dan suara dihitung…
Debian memilih opsi 5 sebagai pemenang: “Ubah SC untuk firmware tidak gratis di penginstal, satu penginstal”
Per Wiki Debian, opsi itu berjumlah:
Kontrak Sosial Debian diganti dengan versi baru yang identik dengan versi saat ini dalam segala hal kecuali menambahkan kalimat berikut di akhir poin 5:
“Media resmi Debian mungkin menyertakan firmware yang bukan merupakan bagian dari sistem Debian untuk memungkinkan penggunaan Debian dengan perangkat keras yang memerlukan firmware tersebut.”
Proyek Debian juga membuat pernyataan berikut pada edisi hari ini:
Kami akan menyertakan paket firmware tidak bebas dari bagian “firmware tidak bebas” dari arsip Debian di media resmi kami (gambar penginstal dan gambar langsung). Binari firmware yang disertakan biasanya akan diaktifkan secara default di mana sistem menentukan bahwa mereka diperlukan, tetapi jika memungkinkan kami akan menyertakan cara bagi pengguna untuk menonaktifkan ini saat boot (opsi menu boot, baris perintah kernel, dll.).
Saat penginstal/sistem langsung berjalan, kami akan memberikan informasi kepada pengguna tentang firmware apa yang telah dimuat (baik gratis maupun tidak gratis), dan kami juga akan menyimpan informasi tersebut pada sistem target sehingga pengguna dapat menemukannya nanti. Jika firmware non-bebas diperlukan, sistem target juga akan dikonfigurasi untuk menggunakan komponen firmware non-bebas secara default di file apt sources.list. Pengguna kami harus menerima pembaruan keamanan dan perbaikan penting untuk binari firmware sama seperti perangkat lunak lain yang diinstal.
Kami akan mempublikasikan gambar-gambar ini sebagai media Debian resmi, menggantikan set media saat ini yang tidak menyertakan paket firmware tidak bebas. Pada dasarnya media Penginstal Debian sekarang akan diizinkan untuk menyertakan firmware tidak bebas dan memuat/menggunakannya secara otomatis jika diperlukan saat memberi tahu pengguna tentangnya, dll. Mempertimbangkan keadaan ekosistem perangkat keras hari ini, itu masuk akal dan masuk akal karena setidaknya pengguna akan dapat dengan mudah menggunakan kartu grafis, adaptor jaringan, dan banyak lagi. Ditambah sejumlah mitigasi keamanan CPU modern yang juga memerlukan mikrokode sumber tertutup yang diperbarui. Jadi secara keseluruhan, saya pribadi senang dengan keputusan ini karena akan memungkinkan pengalaman yang lebih menyenangkan untuk Debian pada sistem modern dan yang serupa dengan apa yang ditemukan dengan distribusi Linux lainnya.

Itulah berita seputar Debian Memilih Solusi Akal Sehat yang Masuk akal Untuk Menghadapi Firmware Tidak Bebas, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.