Desktop COSMIC Berbasis Karat dari System76 Menjanjikan Dukungan HDR, Pengalaman NVIDIA yang Halus

  • Post author:
  • Post category:Linux

Lingkungan desktop COSMIC
System76 yang akan datang, yang ditulis dari awal menggunakan bahasa pemrograman Rust, mulai terbentuk dan vendor perangkat keras Linux baru-baru ini membagikan beberapa detail menarik tentang kemajuan sejauh ini.

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, System76 memutuskan beberapa bulan yang lalu bahwa inilah saatnya untuk membuat lingkungan desktop Linux sendiri yang tidak didasarkan pada lingkungan desktop yang sudah ada. Distribusi in-house System76 Pop!_OS Linux saat ini menampilkan lingkungan desktop grafis yang berasal dari GNOME, yang disebut COSMIC.

Versi mendatang dari desktop COSMIC tidak akan didasarkan pada GNOME, tetapi ditulis dari awal di Rust. Ini akan memiliki kompositor Wayland sendiri, yang disebut Victoria, yang sedang dikembangkan saat ini dengan dukungan yang lebih baik untuk fitur-fitur seperti HiDPI, HDR, dan penskalaan fraksional, serta ubin dan pengalaman yang mulus untuk pengguna GPU NVIDIA.
” Mengembangkan kompositor di Rust membuatnya lebih efisien pada sumber daya komponen, dan meningkatkan keandalan dan stabilitas lingkungan desktop,” kata salah satu pengembang yang terlibat dalam pengembangan desktop COSMIC berbasis Rust. “Kami membangun Pop!_OS yang lebih kuat dalam bentuk lingkungan desktop yang lebih cepat dan lebih responsif, COSMIC DE. Apa yang Anda lihat di layar saat Anda menggunakan Pop!_OS akan dibangun kembali dalam basis kode baru untuk meningkatkan nuansa dan fungsionalitas OS.”
Komponen inti lainnya yang akan menjadi bagian dari desktop COSMIC berbasis Rust System76 termasuk Iced, sebuah open- toolkit aplikasi sumber dan lintas platform yang ditulis dalam Rust, dan libcosmic sebagai perpustakaan widget utama COSMIC. Insinyur

System76 Ashley menggunakan alat ini untuk membuat toolkit berbasis Iced tingkat yang lebih tinggi untuk mengonversi aplikasi GTK4 Pop!_OS saat ini ke Iced dan membuatnya kompatibel dengan cangkang Wayland. COSMIC akan menampilkan beberapa applet berbasis Iced, termasuk pustaka aplikasi, peluncur aplikasi, dan daftar ruang kerja. Selain itu, pengembang sedang mengerjakan panel/dock berbasis Iced yang akan menawarkan dukungan untuk applet pihak ketiga seperti statistik sistem langsung atau pemutar media. Selain itu, aplikasi Pengaturan COSMIC sedang didesain ulang dengan semua yang Anda butuhkan untuk menyesuaikan desktop Anda sepenuhnya, termasuk panel Workspaces yang keren ini.

System76 sangat berhati-hati tentang semua aspek desktop COSMIC berbasis Rust yang akan datang dan menjanjikan lingkungan desktop Linux yang tahan masa depan yang sejalan dengan Pop!_OS dan filosofi desain perusahaan. Mereka ingin menyediakan komunitas Linux dan Open Source dengan harmoni antara kenyamanan, kustomisasi, dan efisiensi.

Kami berharap untuk benar-benar merasakan desktop COSMIC berbasis Rust System76 jika diluncurkan tahun depan dan mudah-mudahan dapat menginstalnya pada distribusi GNU/Linux lainnya, tidak hanya Pop!_OS Linux. Lebih lanjut tentang COSMIC segera!

Sumber: Google, 9to5linux.com