Desktop Ubuntu Menjelajahi Integrasi Microsoft Azure AD

Sejak Ubuntu 20.10 telah ada integrasi Active Directory di penginstal Ubiquity sementara sekarang sepertinya upaya terbaru oleh Canonical untuk meningkatkan desktop Ubuntu untuk perusahaan adalah seputar integrasi Microsoft Azure Active Directory (Azure AD). Azure AD (AAD) adalah solusi manajemen identitas bertenaga Azure dari Microsoft sebagai alternatif Direktori Aktif di lokasi bagi mereka yang mencari “Identity as a Service” dengan sistem masuk tunggal, otentikasi multi-faktor, dan berbagai perlindungan keamanan siber . Ubuntu sedang menjajaki integrasi Azure Active Directory mungkin dengan harapan membuat desktop Linux mereka lebih menarik untuk penggunaan perusahaan dan integrasi yang lebih baik ke dalam lingkungan perusahaan.

With bulan lalu Ubuntu 22.04 adalah rilis LTS pertama mereka dengan integrasi penginstal Active Directory dan pengiriman ADsys sebagai klien Active Directory baru mereka. Tapi sekarang melihat ke depan Azure AD adalah perbatasan mereka berikutnya. Pembaruan tim Desktop Ubuntu minggu depan menunjukkan beberapa insinyur Canonical di tim desktop Ubuntu sekarang mengerjakan dukungan Azure AD ini. Azure AD tampaknya menjadi topik terbaru yang menarik untuk Canonical’s Ubuntu Desktop Team.

Sebagian besar pekerjaan integrasi Active Directory oleh Canonical adalah melalui proyek ADsys mereka di GitHub. Kita akan melihat apa yang datang dari integrasi Microsoft Azure AD untuk siklus Ubuntu 22.10. Meskipun ada uji coba gratis, Microsoft mengenakan biaya $6~9 USD per pengguna per bulan untuk Azure AD mereka tergantung pada tingkat Azure Premium yang diinginkan atau juga dapat dimasukkan ke dalam langganan Microsoft 365.

Itulah berita seputar Desktop Ubuntu Menjelajahi Integrasi Microsoft Azure AD, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.