digiKam 7.7 Aplikasi Pengelola Foto Dirilis dengan Gambar AVIF dan Dukungan Olympus OM-1

Tim
digiKam hari ini merilis digiKam 7.7 sebagai versi stabil terbaru dari perangkat lunak manajemen foto sumber terbuka, lintas platform, dan gratis ini yang memperkenalkan beberapa fitur baru.

Hadir sekitar tiga setengah bulan setelah digiKam 7.6, rilis digiKam 7.7 telah hadir dengan dukungan untuk AOM AV1 Image File Format (AVIF) terbuka, format pengkodean video bebas royalti, yang mendukung membaca dan menulis di semua bundel (AppImage, macOS, dan Windows).

digiKam 7.7 juga muncul untuk menambahkan dukungan baca/tulis untuk format gambar JPEG-XL di semua bundel yang didukung, meskipun dukungan JPEG-XL awalnya diperkenalkan dalam rilis digiKam 7.6, tetapi ada beberapa masalah dalam menangani file JPEG-XL animasi yang sekarang telah diperbaiki.

Fitur keren lainnya dari digiKam 7.7 rilis adalah dukungan untuk kamera mirrorless interchangeable-lens high-end Olympus OM-1 yang baru-baru ini diluncurkan menggunakan sistem micro four-thirds. Kamera digital sekarang harus dikenali oleh digiKam (berkat pembaruan ke libraw 2022-06-17), memungkinkan Anda untuk mengimpor gambar Anda ke dalam aplikasi.

Perubahan menarik lainnya termasuk penghapusan libheif internal dan perpustakaan libde265 yang mendukung sistem perpustakaan, bundel yang diperbarui untuk menggunakan rangkaian perangkat lunak KDE Frameworks 5.95 terbaru dan terhebat, dukungan file DNG yang ditingkatkan saat mengubah orientasi gambar ke potret, peningkatan dukungan untuk file GIF animasi, serta dukungan Flatpak yang ditingkatkan.

Juga ditingkatkan adalah dukungan untuk file SVG yang berisi font yang tidak diinstal pada sistem, dukungan untuk seri sistem operasi Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellyfish) terbaru, serta dukungan yang ditingkatkan untuk Ubuntu 18.04 LTS (Bionic Beaver), ekspor Pinterest, migrasi Picasa 3, dan ekspor file PSD ke Foto Google.

Selain itu, digiKam 7.7 menambahkan tombol “Abaikan wajah” untuk wajah yang tidak dikenal di tampilan Gambar Mini, memperbaiki deteksi operasi Hugin penggabungan foto panorama en-source dan program penggabungan HDR, dan meningkatkan pembacaan file gambar RAW DNG dari Adobe Lightroom dengan konversi ruang warna ke sSRG IEC61966-2.1 dan dikonversi ke TIFF, serta file JPEG yang diproduksi oleh Photoshop dan dapat diterima oleh Lightroom.

Tentu saja, ada juga banyak perbaikan bug dan crash, serta berbagai perubahan lainnya untuk membuat pengalaman manajemen foto digiKam Anda lebih stabil dan andal. Itu sebabnya Anda harus memperbarui ke versi 7.7 sesegera mungkin baik dengan mengunduh bundel AppImage dari sini atau dengan menginstal versi baru dari repositori stabil distro Anda atau dari Flathub sebagai aplikasi Flatpak.

Sumber: Google, 9to5linux.com