Diperbarui AMD Zen 1 Melalui Zen 3 CPU Microcode Diterbitkan

Pada hari Jumat AMD menerbitkan file mikrokode CPU baru untuk Family 17h dan Family 19h untuk prosesor Zen 1/2/3. Saat ini tidak ada wawasan publik tentang perubahan dengan mikrokode yang diperbarui ini tetapi mungkin signifikan.
AMD pada hari Jumat menerbitkan file mikrokode CPU baru untuk Family 17h (Zen / Zen+ / Zen 2) dan Family 19h (Zen 3). Sayangnya seperti biasa, pembaruan biner mikrokode datang tanpa log perubahan publik.
Tapi sepertinya sedikit berbeda kali ini dengan Family 17h yang disertakan juga… Kami melihat pembaruan mikrokode CPU Family 19h setiap beberapa bulan tetapi sudah lama sejak pembaruan Family 17h terakhir. Mikrokode CPU AMD Family 17h yang disertakan dalam linux-firmware.git terakhir diperbarui pada Desember 2019. Bukan saja sudah lama sejak pembaruan in-tree terakhir, tetapi mikrokode baru ini jauh lebih besar. Mikrokode Family 17h berukuran dari 6476 hingga 9700 byte.
Sementara itu, mikrokode Family 19h berukuran sama dengan pembaruan sebelumnya dari Februari lalu.
Meningkatkan rasa ingin tahu/kekhawatiran saya tentang pembaruan mikrokode AMD ini adalah bahwa ini adalah pembaruan mikrokode CPU Zen/Zen2 pertama untuk linux-firmware.git sejak akhir 2019 dan pembaruan ini jauh lebih besar daripada versi mikrokode sebelumnya. Mikrokode Zen 3 juga diperbarui, tetapi itu telah terjadi setiap beberapa bulan untuk perangkat keras generasi saat ini. Dengan belum ada pengumuman resmi tentang mikrokode CPU baru, kita hanya dapat berspekulasi apa yang mungkin diubah dalam versi ini… Tapi mengingat kondisi Family 17h kemungkinan salah satu dari dua: hanya banyak perbaikan/pembaruan rutin yang disertakan selama 2+ tahun terakhir dan baru sekarang memutuskan untuk menggabungkannya ke dalam versi baru atau mikrokode CPU baru sedang diterbitkan sekarang dengan beberapa mitigasi keamanan. Sangat mungkin yang terakhir, tetapi kita akan segera melihat apakah itu masalahnya.
Untuk saat ini mikrokode CPU AMD Zen baru ada di milis tetapi akan segera membuatnya menjadi linux-firmware.git dan pada gilirannya ditarik oleh berbagai distribusi Linux untuk dikemas dengan baik bagi pengguna akhir.

Itulah berita seputar Diperbarui AMD Zen 1 Melalui Zen 3 CPU Microcode Diterbitkan, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.