Driver AMD PMF Antri Menjelang Linux 6.1 Akhir Tahun Ini

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sementara Linux 6.0 tidak akan keluar selama satu setengah bulan lagi, di dek sudah untuk Linux 6.1 adalah AMD Platform Management Framework “PMF” driver sedang antri ke platform-drivers-x86.git.
Seperti yang ditulis tentang awal bulan ini, AMD Platform Management Framework dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna desktop/laptop untuk perangkat generasi berikutnya dengan “membuat PC AMD lebih cerdas, lebih tenang, hemat daya dengan beradaptasi dengan perilaku dan lingkungan pengguna.”
AMD belum berbicara terlalu banyak secara publik tentang PMF tetapi kedengarannya sejalan dengan Platform Dinamis dan Kerangka Termal Intel (DPTF) yang telah digunakan oleh perangkat keras Intel selama bertahun-tahun dan didukung di Linux untuk sementara waktu sekarang bersama dengan pengguna Thermald mereka -Daemon luar angkasa. Seri patch AMD untuk PMF di Linux merangkumnya sebagai:
AMD PMF Driver (alias Platform Management Framework) menyediakan kerangka kerja terpusat berdasarkan input sensor, petunjuk OS, status platform, dan metrik APU untuk mengelola kinerja, daya, dan termal sistem secara dinamis.
Tujuan dari driver ini adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna akhir dengan membuat PC AMD lebih cerdas, lebih tenang, hemat daya dengan beradaptasi dengan perilaku pengguna dan lingkungan.
Tujuan yang lebih besar meliputi:
– Aktifkan kustomisasi mudah solusi PC pintar oleh OEM.
– Menyediakan kerangka kerja bagi OEM untuk menambahkan algoritme dan solusi khusus
– Tingkatkan daya platform siaga dan dinamis melalui manajemen daya aktif perangkat platform.
Dalam seri ini, dukungan untuk fitur berikut telah ditambahkan.
– “Slider Daya Statis” dimaksudkan untuk mengelola anggaran daya berdasarkan mode daya atau posisi penggeser.
– “Mode Otomatis” melacak rata-rata daya bergerak APU dan mengambil keputusan cerdas untuk beralih di antara mode yang berbeda. Kerangka Manajemen Platform AMD tampaknya tidak didukung oleh laptop AMD Ryzen 6000 “Rembrandt” generasi saat ini tetapi tampaknya untuk Ryzen APU generasi berikutnya.

As kemarin, seri patch AMD PMF sejauh ini telah diantrekan ke cabang platform-drivers-x86’s for-next. Ini adalah bahan yang mulai mengantre untuk digabungkan ke dalam kernel Linux 6.1 akhir tahun ini. Jendela penggabungan Linux 6.1 akan terbuka pada awal Oktober ketika Linux 6.0 telah dinyatakan stabil dan pada saat itu dukungan PMF awal ditambah peningkatan lainnya pada kerangka kerja baru ini selama beberapa minggu mendatang akan digabungkan. Linux 6.1 stabil pada gilirannya harus keluar pada bulan Desember.

Itulah berita seputar Driver AMD PMF Antri Menjelang Linux 6.1 Akhir Tahun Ini, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.