Driver AMD Radeon Linux OpenGL Membuat Lebih Banyak Optimasi, Eyes GL Threading Secara Default

  • Post author:
  • Post category:Linux

Pengembang grafis Linux open-source AMD lama Marek Olšák melakukannya lagi dengan beberapa optimasi menarik untuk RadeonSI Gallium3D dan mengincar untuk mengaktifkan OpenGL threading secara default.
RadeonSI selama bertahun-tahun telah mendukung opsi “glthread” untuk mengaktifkan threading OpenGL dengan menjalankan panggilan OpenGL pada thread CPU yang berbeda. Dukungan pengiriman OpenGL berulir ini telah sangat membantu game yang terikat CPU tetapi telah ikut serta berdasarkan penggantian variabel per game dan lingkungan. Misalnya, glthread dengan RadeonSI menghasilkan peningkatan ~30% untuk Minecraft karena hanya salah satu dari banyak game yang telah dibantu oleh fitur Mesa ini dalam beberapa tahun terakhir.
Minggu terakhir ini Marek membuka permintaan penggabungan yang menyediakan “banyak pembersihan, beberapa peningkatan overhead CPU” untuk Mesa dan kode glthread. Satu komentar menarik yang dia buat di sana adalah:
Saya mendapatkan kinerja 15% lebih baik dengan ini dalam satu subtes viewperf yang terikat CPU. Dalam beberapa bulan terakhir Marek dan pengembang AMD Mesa lainnya telah melakukan banyak pekerjaan penyetelan untuk SPECViewPerf dan telah membuat beberapa peningkatan kinerja yang sangat mengesankan untuk workstation OpenGL tersebut uji kasus, bahkan dengan GPU Radeon konsumen.
Selain pembersihan tersebut, Marek membuka MR lain dengan lebih banyak perbaikan pada kode GLTHread dan bahkan mengaktifkannya secara default untuk RadeonSI. Di sana dia berkomentar:
Ini adalah perbaikan kesesuaian, perbaikan sinkronisasi, dan perubahan untuk memungkinkan glthread digunakan dengan semua backend EGL (android, perangkat, drm, wayland tidak ada).
Ini adalah pertama kalinya glthread dianggap lengkap, berkinerja, dan diaktifkan secara default (hanya radeonsi). Dengan kode tertunda ini, glthread Mesa dianggap “lengkap” setelah bertahun-tahun dibuat. Sudah ada daftar putih untuk mengaktifkan fungsi glthread untuk RadeonSI dengan banyak game, tetapi permintaan penggabungan ini akan mengaktifkannya secara default. Ini kemungkinan akan membantu sejumlah game dan beban kerja khusus lainnya yang sebelumnya tidak diperiksa apakah glthread akan bermanfaat untuk diaktifkan atau tidak.

Akan sangat menarik untuk melihat dalam praktiknya bagaimana threading OpenGL ini diaktifkan tanpa syarat untuk RadeonSI bekerja dan beban kerja baru apa yang ditemukan lebih cepat. Saat ini permintaan penggabungan ini masih dalam peninjauan tetapi mudah-mudahan mereka akan digabungkan pada waktunya untuk Mesa 22.3 kuartal berikutnya.

Itulah berita seputar Driver AMD Radeon Linux OpenGL Membuat Lebih Banyak Optimasi, Eyes GL Threading Secara Default, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.