Driver AMDGPU Linux Mengaktifkan Blok “LSDMA” Baru

Sebagai bagian dari peningkatan aliran patch driver grafis AMD Radeon Linux yang keluar menjelang peluncuran RDNA3 akhir tahun ini, blok perangkat keras baru yang diekspos oleh patch terbaru adalah “LSDMA”.
Sudah lama ada blok SDMA dengan GPU AMD untuk fungsionalitas Sistem DMA (Akses Memori Langsung). Tampaknya untuk GPU RDNA3 generasi berikutnya (meskipun bisa juga beberapa varian khusus lainnya karena pendekatan pemberdayaan blok-demi-blok baru mereka atau bahkan CDNA generasi berikutnya) adalah IP “LSDMA” sebagai bagian dari SDMA.
LSDMA adalah untuk Light SDMA dan merupakan blok SDMA tambahan yang dimulai dengan SDMA 6.x IP. Tambalan baru yang diposting pada hari Kamis menunjukkan fungsionalitas Light SDMA pada prinsipnya dicadangkan untuk digunakan oleh driver grafis kernel Radeon – AMDGPU DRM dalam kasus ini.
Perangkat keras LSDMA “kecil” khusus ini mungkin memungkinkan DMA yang lebih efisien untuk driver grafis kernel itu sendiri dan tidak menjadi hambatan atau berbagi sumber daya dengan fungsionalitas SDMA standar GPU. Hanya salah satu perbedaan halus yang perlu diperhatikan dengan tambalan pengaktifan baru ini, di antara banyak lainnya di sekitar VCN4, GFX11, dan banyak lagi yang telah mencapai milis untuk peninjauan tambalan dalam beberapa hari terakhir.

Thursday melihat patch dukungan LSDMA diterbitkan untuk pertama kalinya dan akan segera bekerja menuju kernel Linux arus utama.

Itulah berita seputar Driver AMDGPU Linux Mengaktifkan Blok “LSDMA” Baru, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.