Driver Apple Mesa Vulkan Tahap Awal Sekarang Menjalankan Demo VKCube

  • Post author:
  • Post category:Linux

Selain Alyssa Rosenzweig yang memimpin pekerjaan membawa dukungan driver OpenGL untuk Apple M1/M2 SoCs dengan driver Mesa “AGX” Gallium3D, pengembang Ella Stanforth telah mengerjakan “AGXV” sebagai implementasi driver Vulkan untuk perangkat keras Apple Silicon di Linux. Sampai kemarin, dia mencapai tonggak untuk dapat menjalankan demo VKCube.
Ella Stanforth telah berkontribusi pada Mesa di masa lalu, terutama seputar dukungan driver Broadcom / Raspberry Pi Vulkan, sementara baru-baru ini dia telah mengerjakan driver Vulkan dengan pengembang Asahi Linux untuk mendukung Vulkan API dengan Apple Silicon di Linux.
Dukungan driver Vulkan open-source Applle akan datang.

Selama beberapa bulan terakhir dia telah mengerjakan pekerjaan driver Vulkan ini yang terjadi bersamaan dengan upaya Gallium3D OpenGL serta driver kernel DRM yang ditulis Rust dalam pengembangan. Kemarin Ella men-tweet berita bahwa VKCube, demo kubus yang diberikan Vulkan dasar, berjalan dengan driver:
VKCUBE DI @AsahiLinux !!! pic.twitter.com/a7pMcLurpT

— Ella Stanforth (@EllaStanforth) 23 Oktober 2022Pengandar Apple Vulkan “AGXV” saat ini sudah tidak aktif lagi, sementara dia telah menjalankan kode pengembangan melalui repositori GitLab FreeDesktop.org sampai selesai dalam keadaan siap untuk mainlining.

Itulah berita seputar Driver Apple Mesa Vulkan Tahap Awal Sekarang Menjalankan Demo VKCube, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.