Driver Apple SoC CPUFreq Linux Bergerak Lebih Dekat ke Arus Utama

  • Post author:
  • Post category:Linux

Driver Apple SoC CPUFreq yang dikerjakan oleh kru Asahi Linux untuk penskalaan frekuensi CPU dengan chip M1 dan M2 di Linux sepertinya akan segera mencapai kernel arus utama. Beberapa bulan terakhir, pengembang utama Asahi Linux, Hector Martin, telah bekerja untuk menggabungkan driver Apple SoC CPUFreq untuk penskalaan frekuensi CPU di Linux. Pada bulan Oktober dengan tambalan v2, M2 SoC sekarang berfungsi dan minggu ini menandai iterasi keempat dari tambalan ini. Patch v4 hanya menggabungkan beberapa umpan balik ulasan kecil tanpa perubahan fungsional. Sepertinya pekerjaan sudah selesai dan dalam keadaan di mana driver apple-soc-cpufreq ini dapat digabungkan ke jalur utama – mungkin untuk jendela penggabungan berikutnya. Meskipun pengembang sedang meninjau tambalan v4, beberapa item kecil dinaikkan yang akan menyebabkan putaran ulang tambalan v5 segera hadir. Tambalan v4 untuk mereka yang tertarik dapat ditemukan di milis linux-pm.

Mengingat peningkatan berkelanjutan dan lebih banyak dukungan Apple M1/M2 yang mencapai arus utama, sepertinya akan segera tiba waktunya untuk pembandingan Linux Apple M1/M2 lanjutan. Lihat tolok ukur Apple M2 vs Intel vs AMD Linux saya sebelumnya mulai musim panas ini bagi mereka yang tertarik. Salah satu area yang paling aktif bekerja adalah di sisi GPU dengan meningkatkan driver kernel DRM berbasis Rust dan kode AGX Gallium3D Mesa. Di sisi driver kernel Rust DRM yang terlihat seperti itu mungkin masih beberapa saat sebelum dikancingkan untuk arus utama.

Itulah berita seputar Driver Apple SoC CPUFreq Linux Bergerak Lebih Dekat ke Arus Utama, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.