Driver ASUS WMI Linux Mendapat Patch Untuk Kontrol Keyboard RGB

  • Post author:
  • Post category:Linux

Bagi mereka yang memiliki laptop gaming ASUS yang lebih baru dengan pencahayaan RGB untuk keyboard, fungsi tersebut dapat segera bekerja dengan baik berkat pekerjaan yang terjadi di dalam kernel Linux dan proyek open-source Asusctl. Luke Jones telah melakukan banyak pekerjaan driver ASUS WMI Linux untuk kurva kipas kustom, peningkatan penanganan dGPU/eGPU, dan peningkatan dukungan laptop ASUS lainnya. Yang terbaru yang dia kerjakan adalah dukungan keyboard RGB sebagai bagian dari proyek open-source Asusctl-nya untuk antarmuka kontrol / daemon ruang pengguna untuk meningkatkan integrasi laptop ASUS di Linux.

Diposting pada hari Jumat adalah patch awal yang menghubungkan dukungan keyboard RGB dalam driver kernel ASUS-WMI untuk laptop ASUS TUF yang menggunakan keyboard RGB. Ini adalah seri patch untuk menambahkan dukungan RGB untuk laptop ASUS. Laptop dengan RGB ini cenderung menjadi seri TUF dari laptop gamer. Langkah pertama adalah memunculkan dukungan awal menggunakan API LED multiwarna. Jenis keyboard ini menerapkan antarmuka yang sedikit lebih kompleks daripada hanya kontrol RGB – mereka juga memiliki mode dengan LED statis, berkedip, pelangi, siklus warna, dan banyak lagi. Mereka juga memiliki beberapa animasi kustom yang dapat diputar tergantung pada status perangkat, seperti pemutaran siklus warna mewah yang ditangguhkan, atau memainkan animasi “gelombang”. Tambalan tersebut sekarang sedang disempurnakan saat bekerja menuju kernel arus utama. asusctl

Untuk memudahkan pengaturan pencahayaan keyboard RGB dari ruang pengguna, perangkat lunak Asusctl telah menyiapkan dukungannya dengan GUI yang bagus. Asusctl memungkinkan untuk menyesuaikan kecepatan kipas, LED keyboard, mode grafis, dan banyak lagi. Software berlisensi MPL 2.0 ini dikembangkan secara independen melalui reverse engineering dan sayangnya bukan merupakan proyek resmi ASUS, dengan dukungan resmi ASUS untuk Linux pada produk konsumen sayangnya masih terbatas. Mereka yang ingin memeriksa perangkat lunak ini dapat melakukannya melalui Asusctl di GitLab. Mereka yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang upaya Asusctl dapat melihat ASUS-Linux.org dengan blog Luke Jones untuk perjuangannya meningkatkan dukungan laptop ASUS di Linux.

Itulah berita seputar Driver ASUS WMI Linux Mendapat Patch Untuk Kontrol Keyboard RGB, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.