Driver Audio yang Ditulis Ulang Intel “AVS” Mulai Mendarat di Linux 5.19

Pembaruan subsistem suara untuk kernel Linux 5.19 menyertakan kode driver suara Intel “AVS” awal. Insinyur Intel telah mengerjakan driver audio DSP / suara baru untuk Skylake, Kabylake, Apollo Lake, dan Amder Lake. Setelah bekerja untuk meningkatkan kode driver yang ada, keputusan dibuat, lebih baik menulis driver baru saja. Inilah situasi yang diringkas dalam iterasi sebelumnya dari seri tambalan yang bekerja pada driver suara Intel “AVS”: Kelanjutan pekerjaan pembersihan solusi Intel SST yang ditemukan di sound/soc/intel/. Dengan dua bab utama yang dirilis tahun lalu catpt dan penghapusan solusi haswell, saatnya telah tiba untuk Skylake-driver. Sepanjang 2019, 2020 dan 2021 Skylake-driver telah menerapkan banyak perbaikan dan bahkan upaya refactors seperti yang terlihat pada perombakan mendasar, penyesuaian aliran IPC, dan seri perombakan LARGE_CONFIG. Sayangnya, cerita berulang – masalah ditemukan di dalam inti pengemudi. Melukisnya dengan warna berbeda tidak mengubah fakta bahwa itu masih rumah kartu. Karena perubahan yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut akan membuat solusi Skylake tidak sesuai dengan revisi sebelumnya, keputusan telah dibuat untuk memberikan solusi baru sebagai gantinya. Pada waktunya itu akan mencela dan mengganti Skylake-driver. Solusi itu disebut AVS – dari nama arsitektur AudioDSP: Audio-Voice-Speech. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan dukungan untuk berbagai platform yang sama persis seperti pendahulunya: SKL, KBL, AML dan APL. Beberapa fungsi yang ditemukan dalam kerangka HDAudio dan ASoC telah diekspor dan digunakan kembali nanti oleh avs-driver untuk mencegah duplikasi kode dalam solusi ini. Semua ini bertindak sebagai dependensi driver dan ditemukan di awal seri untuk memperjelas apa yang diperlukan untuk mengompilasi avs-driver. Dengan Linux 5.19 adalah kode driver suara Intel Audio-Video-Speech (AVS) awal untuk platform Skylake ke Apollo Lake. Driver ini masih dalam tahap awal dan belum menghentikan/mengganti kode driver yang ada. Insinyur Intel telah mengerjakan “AVS” untuk perangkat keras era Skylake untuk mengatasi masalah driver mendasar yang ada.

Penarikan suara untuk Linux 5.19 juga telah bekerja pada mekanisme IPC baru untuk kode Sound Open Firmware (SOF) Intel, peningkatan lanjutan pada Driver codec audio Cirrus HD, driver MIDI serial generik diperkenalkan, dan dukungan untuk berbagai chip baru. Dukungan perangkat keras baru di sisi suara dengan Linux 5.19 termasuk Perangkat Analog ADAU1361, Cirrus Logic CS35L45, Maxim MAX98396, MediaTek MT8186, antarmuka NXP i.MX8 micfil/SAI, NVIDIA Tegra186 ASRC, dan Texas Instruments TAS2764/TAS2780. Dan apa yang dilakukan driver MIDI serial baru untuk kernel pada tahun 2022? Driver MIDI serial generik baru ini dimaksudkan untuk menggunakan perangkat serial yang kompatibel dengan bus serial sebagai perangkat MIDI mentah untuk perangkat yang tidak kompatibel dengan driver serial-u16550 yang ada. Driver ini mulai bekerja pada Raspberry Pi 4 dengan mengirim/menerima MIDI mentah dengan latensi rendah. Detail lebih lanjut tentang perubahan suara untuk Linux 5.19 melalui permintaan tarik ini yang sudah digabungkan ke jalur utama.

Itulah berita seputar Driver Audio yang Ditulis Ulang Intel “AVS” Mulai Mendarat di Linux 5.19, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.