Driver DRM Apple yang Sedang Diproses dengan Karat Berhasil Memulai Waylands Weston

  • Post author:
  • Post category:Linux

Minggu lalu, driver Linux Apple Direct Rendering manager (DRM) yang ditulis Rust untuk mendukung grafis Apple M1/M2 berhasil merender kubus pertamanya. Kontributor Asahi Linux Asahi Lina hari ini kembali dan bekerja untuk mendapatkan lebih banyak driver kernel eksperimental ini untuk desktop Linux.
Setelah melewati tonggak awal kubus pemintalan akhir pekan lalu, Asahi Lina telah bekerja untuk menghadirkan lebih banyak driver DRM/KMS kernel yang direkayasa ulang ini. Output tampilan sebenarnya masih belum berfungsi tetapi hari ini melakukan streaming langsung saat bekerja untuk menampilkan desktop Linux yang sebenarnya pada driver Rust DRM pertama ini.
Asahi Lina memamerkan Weston dengan driver kernel DRM yang sedang dalam pengembangan.

Desktop KDE Plasma belum bekerja pada driver ini tetapi setidaknya sampai hari ini tonggak sejarah telah dilewati untuk dapat memulai compositor referensi Weston Wayland.

Asahi Lina juga menunjukkan status saat memulai Server X.Org dengan driver.
Weston/Wayland bekerja!!!!!! KDE belum memulai semuanya, tetapi pada X setidaknya itu menunjukkan layar splash ^^ pic.twitter.com/WTf6Qaynl2

— Asahi Lina / //nullptr::live (@LinaAsahi) 28 September 2022It `s menarik untuk melihat kemajuan yang baik dan berdedikasi yang dibuat pada membawa driver DRM Apple ini untuk Linux serta pekerjaan ruang pengguna terjadi dengan driver Mesa “AGX” untuk dukungan OpenGL. Memang, itu masih akan memakan waktu beberapa bulan dan hingga 2023 sebelum ada kemungkinan dukungan hulu yang bagus untuk pengguna akhir. Target saat ini telah berada di sekitar OpenGL ~2.1 pada akhir tahun dengan kode Mesa yang sudah di-mainline-kan sementara driver kernel Rust DRM ini matang dan main-line kemungkinan akan memakan waktu lebih lama. Bagaimanapun, upaya ini bergerak maju bagi mereka yang tertarik untuk menjalankan Linux di perangkat keras Apple M1/M2.

Selain pengerjaan grafis yang besar, fitur yang mendukung Wiki untuk Asahi Linux menguraikan kemajuan pada pekerjaan driver perangkat keras lainnya yang sedang berlangsung seperti Thunderbolt, encode/decode video, mesin saraf, mikrofon, speaker internal, kamera web, dan item pekerjaan dalam proses lainnya untuk Mac modern.

Itulah berita seputar Driver DRM Apple yang Sedang Diproses dengan Karat Berhasil Memulai Waylands Weston, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.