Driver Gallium3D R600 Untuk GPU Radeon Lama Untuk Melihat Backend NIR yang Ditulis Ulang

Sementara driver grafis resmi AMD di Windows telah secara efektif pindah ke dukungan kartu grafis pra-Polaris lawas, di dunia open-source di Linux bahkan driver Gallium3D “R600” lama untuk Radeon HD 2000 hingga kartu grafis seri HD 6000 melihat sesekali karya fitur baru oleh komunitas. Yang terbaru adalah back-end NIR baru yang ditulis ulang untuk driver R600g ini dan akan segera diluncurkan.
Pengembang sumber terbuka Gert Wollny adalah di antara sedikit yang masih aktif mengerjakan driver Radeon R600g di Mesa untuk melakukan lebih dari sekadar perbaikan bug sederhana. Secara khusus, dia telah banyak bekerja pada dukungan NIR untuk R600g untuk menggunakan alternatif representasi menengah (IR) tersebut untuk TGSI Gallium3D. Selain telah menulis implementasi NIR untuk R600g, dia baru-baru ini menulis ulang untuk membuatnya lebih baik lagi dalam menggunakan IR tersebut untuk menangani shader OpenGL dengan cara yang lebih efisien dan optimal daripada rute TGSI yang keras dengan NIR jauh lebih disukai oleh pengembang Mesa hulu sebagai IR driver grafis modern.
Kartu grafis Radeon 10+ tahun masih melihat driver GPU open-source baru bekerja di Linux.

Dalam laporan bug Mesa baru-baru ini, dia menyinggung fakta bahwa dia akan segera memperkenalkan back-end NIR baru untuk R600g, “Nir backend saat ini sedang ditulis ulang. Saya telah menguji jejak Anda di cabang baru dan berhasil di Cayman (HD 6950) dan Cedar (HD 5450). Saya berharap dapat menggabungkan kode nir baru dalam seminggu atau lebih.”
Kedengarannya seperti kejutan Paskah yang menyenangkan. Sementara dukungan driver R600 Gallium3D dari Radeon HD 2000 “R600” hingga kartu grafis Radeon HD 6000 “Northern Islands”, sebagian besar pekerjaan NIR dan pekerjaan fitur R600g terbaru lainnya sebagian besar telah difokuskan pada kartu grafis seri HD 5000/6000 untuk menjadi yang paling mampu dari kelompok yang didukung.
Kita akan melihat bagaimana penulisan ulang NIR R600g ini berjalan untuk Mesa 22.2 kuartal berikutnya.

Itulah berita seputar Driver Gallium3D R600 Untuk GPU Radeon Lama Untuk Melihat Backend NIR yang Ditulis Ulang, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.