Driver Grafis Intel Linux 5.20 Mulai Pengkabelan Untuk Ponte Vecchio, Kecepatan Lanjutkan Lebih Cepat

  • Post author:
  • Post category:Linux

Intel telah mengirimkan perubahan terbaru drm-intel-gt-next ke DRM-Next dari perubahan driver grafis kernel i915 mereka yang menargetkan Linux 5.20. Selain banyak churn kode yang masih ada di sekitar DG2/Alchemist, driver Intel open-source untuk Linux 5.20 juga membuat lebih banyak persiapan untuk pengaktifan Ponte Vecchio.
Intel’s Xe HPC Ponte Vecchio adalah yang menggerakkan superkomputer Aurora Argonne dan bertujuan untuk bersaing dengan NVIDIA H100 dan AMD MI250X. Ponte Vecchio dikatakan memiliki sebanyak 100 miliar transistor dan seharusnya menjadi binatang komputasi yang hebat. Di sisi perangkat lunak, para insinyur Intel telah sibuk mematangkan dukungan oneAPI / Level Zero untuk Ponte Vecchio dan pengembang driver kernel memastikan dukungan driver Linux upstream semakin baik sebelum Ponte Vecchio mendapatkan lebih banyak eksposur akhir tahun kalender ini.
Rendering Intel dari Ponte Vecchio.

Dengan tarikan drm-intel-gt-next minggu ini ada “banyak refactoring driver” dalam persiapan untuk menangani GPU Intel Xe HPC yang masif ini dan banyak kode pengaktifan awal untuk Ponte Vecchio. Sepertinya Linux 5.20 tidak akan siap untuk Ponte Vecchio tetapi ini hanyalah titik awal dan mengharapkan dukungan “PVC” untuk dikerjakan selama beberapa siklus kernel berikutnya, mirip dengan peningkatan panjang untuk DG2/Alchemist .
Selain dari pekerjaan driver yang signifikan untuk menerangi Ponte Vecchio, perubahan driver lainnya dalam tarikan ini termasuk mengaktifkan halaman besar untuk grafis Icelake dan yang lebih baru terlepas dari status IOMMU, melanjutkan dari penangguhan harus sekitar 100 ms lebih cepat untuk platform modern, dan ada banyak perbaikan driver selama.
Di antara perbaikannya adalah memastikan kartu “Alchemist” Arc Graphics tidak mogok dalam konfigurasi BAR kecil sementara pekerjaan pengaktifan BAR kecil yang sebenarnya masih berlangsung, back-end GuC telah menetapkan prioritas penjadwalan UE untuk DG2, dukungan pemuatan DG2 HuC, dan berbagai solusi.
Rincian lebih lanjut tentang penarikan ini untuk DRM-Selanjutnya masuk ke jendela penggabungan Linux 5.20 dalam waktu sekitar satu bulan dapat ditemukan melalui posting milis ini.

Itulah berita seputar Driver Grafis Intel Linux 5.20 Mulai Pengkabelan Untuk Ponte Vecchio, Kecepatan Lanjutkan Lebih Cepat, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.