Driver Intel Mesa Mengubah Lahan Untuk Dibangun Pada CPU Non-x86

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sebuah tambalan digabungkan hari ini ke Mesa 23.0 sebagai bagian dari upaya membangun driver Intel OpenGL dan Vulkan Linux untuk arsitektur non-x86/x86_64. Ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan untuk mengaktifkan GPU diskrit Intel agar pada akhirnya bekerja pada sistem seperti AArch64, POWER, dan RISC-V.
Sebagai bagian dari upaya sejak beberapa bulan yang lalu, telah ada pekerjaan driver Intel Linux untuk membangun arsitektur non-x86. Ada beberapa pekerjaan yang terjadi pada driver kernel mereka sementara yang digabungkan hari ini adalah dukungan untuk membangun driver sumber terbuka OpenGL dan Vulkan untuk CPU non-x86.
Sementara sebagian besar driver grafis Linux open-source bekerja cukup baik di seluruh arsitektur CPU, berkat sifat open-source dan komunitas Linux, dalam kasus tumpukan driver grafis Intel, mereka secara tradisional tidak perlu peduli dengan dukungan non-x86. . Selama bertahun-tahun menyediakan dukungan grafis terintegrasi, mereka jelas terikat dengan CPU x86/x86_64 mereka. Tapi sekarang mereka berada di game GPU diskrit dengan Arc Graphics dan Seri Ponte Vecchio / Max mereka, ini adalah game yang sama sekali berbeda. Dengan kemungkinan menginstal GPU Intel diskrit pada server ARM64, desktop RISC-V, desktop libre POWER9, dll, driver grafis mereka perlu mengatasi x86`isme yang telah dibangun di basis kode mereka selama bertahun-tahun.
Ini adalah upaya berkelanjutan untuk mendapatkan driver grafis Intel Linux sumber terbuka untuk GPU diskrit yang bekerja pada sistem non-x86/x86_64.

Langkah terbaru dalam pencarian ini hari ini adalah menambahkan “SUPPORT_INTEL_INTEGRATED_GPUS” ke kode Mesa mereka untuk Iris Gallium3D dan ANV Driver Vulkan. Ini memungkinkan menghapus kode driver grafis terintegrasi dan meninggalkan dukungan GPU diskrit.
Masalah dengan membiarkan dukungan driver grafis terintegrasi hadir untuk build non-x86 yang selain tidak terpakai/tidak mungkin, kode driver secara eksplisit memerlukan instruksi CLFLUSH Intel x86/x86_64 untuk membersihkan baris cache. Jadi dengan menambahkan “SUPPORT_INTEL_INTEGRATED_GPUS” dengan kemampuan untuk menonaktifkan dukungan iGPU, bit kode CLFLUSH tersebut tidak dibuat untuk sistem non-x86 dan dengan demikian menghindari kegagalan pembuatan.
Kode tersebut adalah bagian dari permintaan penggabungan ini sekarang di Mesa 23.0. Meskipun cukup membuat driver Intel Mesa untuk target non-x86, itu belum tentu akan berjalan. Masih ada sisa kompatibilitas driver kernel dan pada gilirannya perubahan driver Mesa tambahan apa yang mungkin diperlukan untuk dukungan run-time pada arsitektur lain. MR hanya berkomentar, “Hanya memperbaiki build, mungkin diperlukan lebih banyak perubahan. Dukungan kernel i915 juga diperlukan.”

Itulah berita seputar Driver Intel Mesa Mengubah Lahan Untuk Dibangun Pada CPU Non-x86, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.