Driver Linux Diposting Mengaktifkan Dukungan Bluetooth Untuk Apple M1/M2, Beberapa Mac x86

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sven Peter yang telah banyak bekerja pada berbagai aspek pengaktifan Apple Silicon untuk Linux hari ini memposting tambalan yang memungkinkan dukungan driver Bluetooth Apple untuk perangkat keras Apple Silicon M1/M2 dan juga untuk beberapa Apple x86 Mac.
Driver Bluetooth “hci_bcm4377” yang diposting untuk ditinjau ini adalah untuk mengaktifkan pengontrol Broadcom BCM4377/4378/4387 seperti yang ditemukan di sistem Apple M1/M2 dan memilih Apple x86 Mac juga.
Ada beberapa keanehan pada pengontrol Broadcom ini yang digunakan oleh Apple:
Tidak seperti chip Broadcom biasa yang terpasang melalui UART atau SDIO, chip ini tidak lagi mendukung pemuatan firmware patchram / minidriver biasa. Sebagai gantinya firmware langsung dipetakan ke perangkat PCIe dan kemudian di-boot. Secara umum seluruh ruang konfigurasi PCIe mirip dengan brcmfmac (atau driver bcmdhd downstream Android). Tidak banyak kesamaan dengan perangkat UART Broadcom.
Penamaan firmware itu sendiri agak mengganggu tetapi mirip dengan fungsi WiFi / brcmfmac: Kami membutuhkan id chip (mis. 4377), loncatan chip (mis. b3), nama modul (mis. apple,atlantisb) dan vendor antena (mis. m untuk Murata) untuk memilih file firmware yang benar.

Ini telah diuji oleh beberapa orang pada berbagai mesin M1/M2 dan beberapa orang dengan mesin x86 T2. Sejauh ini kita hanya tahu bahwa koeksistensi WiFi/Bluetooth belum berfungsi, tetapi itu perlu dikonfigurasi di dalam brcmfmac sejauh yang kita tahu. Sayangnya, tidak ada cara mudah untuk mendistribusikan firmware yang diperlukan untuk driver ini di Linux. Sven mencatat bahwa saat ini penginstal Asahi Linux mengekstraknya dari gambar macOS dengan tidak dapat mendistribusikan ulang biner secara langsung, “Sayangnya kami tidak dapat mendistribusikan firmware itu sendiri tetapi kami dapat mengekstraknya dari paket pembaruan macOS resmi yang didistribusikan Apple. Penginstal kami untuk M1/M2 mengekstrak firmware terbaru dan menyiapkannya untuk Linux (dan BSD) secara otomatis”

Driver Bluetooth ini untuk Apple Mac modern sekarang sedang ditinjau di milis kernel. Driver Bluetooth baru ini hadir dengan 2,6 ribu baris kode.

Itulah berita seputar Driver Linux Diposting Mengaktifkan Dukungan Bluetooth Untuk Apple M1/M2, Beberapa Mac x86, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.