Driver Linux VIA Open-Source Masih Ingin Digabung, Tapi Mengejar Akselerasi Terlebih Dahulu

  • Post author:
  • Post category:Linux

Driver OpenChrome DRM telah dikembangkan selama lebih dari satu dekade untuk menyediakan dukungan driver tampilan sumber terbuka untuk chipset x86 VIA yang menua. Selama bertahun-tahun sekarang pengembangan OpenChrome telah turun ke satu pengembang yang tersisa di proyek, Kevin Brace, dan beberapa bulan yang lalu dia berharap driver akhirnya bergabung ke dalam kernel Linux. Dia masih mempertahankan ambisi itu tetapi pertama-tama akan bertujuan untuk mendapatkan akselerasi dasar yang bekerja dengan API/ABI ruang pengguna yang stabil sebelum melakukan mainlining.
Upaya driver OpenChrome Direct Rendering Manager terus berjalan semata-mata berkat Kevin Brace yang mengabdikan diri untuk membuat driver out-of-tree bekerja untuk membangun versi kernel Linux yang lebih baru dan perlahan-lahan menghilangkan fitur dan fungsionalitas yang hilang.
Minggu ini Kevin Brace mempresentasikan di X.Org Developers Conference (XDC 2022) tentang status OpenChrome. Takeaway utama dari presentasi adalah bahwa dia masih ingin menggabungkan driver tetapi pertama-tama akan fokus untuk membuat grafik yang dipercepat VIA berfungsi sebelum mengirimkan untuk jalur utama dan mudah-mudahan mendapatkan API ruang pengguna semua beres.

Dalam membuat akselerasi bekerja, dia akan memulai dengan mencoba memanfaatkan beberapa kode DRI1 lama yang ada dari driver Unichrome. Sementara itu di ruang pengguna dia melihat untuk memisahkan driver OpenChrome DDX antara jalur kode KMS dan UMS. Dia juga menyebutkan ambisi untuk dukungan OpenChrome Mesa yang dari upaya Unichrome ada kode DR1 era Mesa 7.11 di alam liar. Dia berharap untuk memperbarui kode driver Mesa klasik itu untuk mendukung API ruang pengguna baru OpenChrome. Kita akan melihat apa yang terjadi di bagian depan Mesa karena jalur utama Mesa tidak menginginkan driver Mesa klasik “baru” dan merupakan upaya besar jika mencoba mengubahnya menjadi Gallium3D, jadi mungkin dia akan menargetkan cabang “Amber” Mesa atau sejenisnya. Dalam acara apa pun di bawah ini adalah presentasi Kevin secara lengkap dan ada juga slide deck ini.

Itulah berita seputar Driver Linux VIA Open-Source Masih Ingin Digabung, Tapi Mengejar Akselerasi Terlebih Dahulu, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.