Driver Mesa 22.2 RADV Menambahkan Ekstensi Pemeliharaan Vulkan Ray-Tracing

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sebagai alasan tambahan bagi pengguna Radeon Linux untuk merayakan hari ini di luar rilis Blender 3.2 dengan dukungan render AMD HIP Linux adalah bahwa driver Radeon Vulkan Mesa “RADV” terus matang dengan dukungan ray-tracing-nya.
Dukungan ray-tracing RADV terus meningkat dengan mantap meskipun masih bersifat eksperimental. Bulan lalu melihat RADV mengaktifkan kueri ray secara default serta membuat langkah lain.
Hari ini tonggak sejarah yang dilewati adalah RADV yang mendukung VK_KHR_ray_tracing_maintenance1. Ekstensi VK_KHR_ray_tracing_maintenance1 telah ditambahkan di Vulkan 1.3.213 satu bulan lalu dengan berbagai pembaruan spesifikasi ray-tracing minor. Perubahan VK_KHR_ray_tracing_maintenance1 semuanya kecil yang saja tidak menjamin ekstensi atau revisi mereka sendiri untuk spesifikasi tetapi bersama-sama setidaknya cukup untuk menjamin pembaruan “pemeliharaan1” ini untuk penelusuran sinar Vulkan.
VK_KHR_ray_tracing_maintenance1 menambahkan dukungan untuk ekstensi SPIR-V KHR_ray_cull_mask untuk menyediakan akses ke variabel cull mask shader built-in, dukungan untuk tahap pipeline baru dan access mask yang dibangun di atas VK_KHR_synchronization2, parameter kueri struktur akselerasi baru, dan penelusuran sinar tidak langsung opsional baru perintah pengiriman. Lihat spesifikasi Vulkan untuk detail selengkapnya tentang perubahan KHR_ray_tracing_maintenance1.

Penggabungan ini oleh Konstantin Seurer mencapai Mesa 22.2-devel hari ini untuk menerapkan perubahan yang diperlukan dengan lebih dari seribu baris kode baru. Kudos to Konstantin Seurer yang terus bekerja pada sebagian besar dukungan ray-tracing RADV bersama dengan pengembang RADV biasa.

Itulah berita seputar Driver Mesa 22.2 RADV Menambahkan Ekstensi Pemeliharaan Vulkan Ray-Tracing, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.