Driver MSM Qualcomm Dengan Linux 5.19 Menambahkan DSC, Persiapan Untuk Driver Mesa Dalam VM

Driver MSM DRM dan pencipta Freedreno Rob Clark terus memimpin dukungan grafis/tampilan Qualcomm Adreno open-source untuk Linux dalam upaya yang dimulai sebagai proyek rekayasa balik beberapa tahun lalu. Minggu terakhir ini Rob mengirimkan batch terakhir dari pembaruan driver MSM Direct Rendering Manager yang ditujukan untuk kernel Linux 5.19.
Di antara perubahan driver MSM untuk DRM-Next dengan Linux 5.19 meliputi:
– Alamat virtual GPU / dukungan IOVA yang dialokasikan ruang pengguna. Motivasi di sini oleh Rob Clark adalah untuk memungkinkan driver Mesa ruang pengguna asli berjalan dalam tamu virtual (VM). Kode driver Mesa asli yang terkait adalah Freedreno Gallium3D dan TURNIP untuk Vulkan.
– Dukungan DPU untuk Kompresi Aliran Tampilan (DSC). Standar Kompresi Aliran Tampilan yang didukung VESA adalah untuk menyediakan kompresi latensi rendah tanpa kehilangan visual antara host dan panel tampilan HDMI/eDP/DSI/HDMI untuk penghematan bandwidth.
– Dukungan rotasi sebaris untuk tampilan dengan Snapdragon SC7280.
– Dukungan bus lebar untuk chipset yang lebih baru. Fitur “bus lebar” dengan perangkat keras yang lebih baru memungkinkan pemindahan dua piksel data per jam piksel ke antarmuka untuk ditampilkan daripada satu piksel. Fitur bus lebar meningkatkan lebar bus dari 32 menjadi 64 bit. Dukungan bus lebar sebagian diperlukan untuk mengaktifkan dukungan resolusi 4K dengan driver MSM.
– Dukungan DisplayPort (eDP) Tertanam.
– Penggabungan kode driver MDSS DPU1 dan DP5.
– Berbagai pembersihan dan perbaikan bug lainnya.
Detail lebih lanjut tentang perubahan driver grafis/tampilan Qualcomm open-source untuk Linux 5.19 ini dapat ditemukan melalui tarikan ini.

Itulah berita seputar Driver MSM Qualcomm Dengan Linux 5.19 Menambahkan DSC, Persiapan Untuk Driver Mesa Dalam VM, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.