Driver NVK Mendekati Vulcan 1.1 Untuk NVIDIA GeForce RTX 20 & Lebih Baru

Baru minggu lalu pengembang NVK merayakan kesesuaian Vulkan 1.0 sementara sekarang driver NVIDIA Vulkan sumber terbuka di Mesa ini sedang bersiap untuk mengekspos dukungan Vulkan 1.1.
Permintaan penggabungan telah dibuka yang memperlihatkan dukungan Vulkan 1.1 dengan driver NVK. Peringatannya adalah bahwa dukungan Vulkan 1.1 ini hanya untuk GPU Turing dan yang lebih baru, alias seri GeForce RTX 20 dan yang lebih baru untuk GPU konsumen. Selain itu, kompiler shader NAK yang ditulis Rust juga harus menjadi bagian dari build Mesa.
Faith Ekstrand menulis dalam permintaan penggabungan yang tertunda:
nvk: Iklankan Vulkan 1.1 di Turing+
Kami sebenarnya memicu apakah NAK digunakan untuk semuanya atau tidak. Jika demikian, kami mengklaim 1.1, jika tidak, klaim 1.0. Kami memerlukan NAK untuk operasi subgrup dan fitur shader tingkat lanjut lainnya di versi Vulkan yang lebih baru.
Pada titik ini, tingkat kelulusan Vulkan 1.1 kami kira-kira setara dengan 1.0. Ada beberapa pengujian model memori yang kami gagal yang semuanya disebabkan oleh masalah dengan instruksi penghalang memori dan pengujian yang hampir sama dengan yang kami gagalkan pada versi 1.0. Saya pikir itu cukup baik untuk menekan tombolnya. Ini akan membuat pengujian aplikasi menjadi lebih mudah. Antara lain, setelah file json ICD mengklaim 1.1 atau lebih tinggi, pemuat Vulkan akan mulai mencari vkEnumerateInstanceVersion() dan berhenti mengasumsikan 1.0 sehingga MESA_VK_VERSION_OVERRIDE=1.3 akan berfungsi. Kode ini mungkin akan segera digabungkan, tepat pada waktunya untuk membuatnya menjadi rilis Mesa 24.0.

Dengan terbatas pada GPU NVIDIA Turing dan yang lebih baru, Anda harus menggunakan dukungan NVIDIA GSP yang terdapat di Linux 6.7 untuk (sedikit) meningkatkan pengalaman dengan driver kernel Nouveau. Saat ini saya sedang menjalankan pengujian Linux 6.7 Nouveau dengan NVIDIA GSP versus tanpa keduanya untuk NVC0 Gallium3D dan NVK Vulkan, namun sejauh ini kinerjanya masih mengecewakan dibandingkan dengan driver grafis milik NVIDIA Linux.

Itulah berita seputar Driver NVK Mendekati Vulcan 1.1 Untuk NVIDIA GeForce RTX 20 & Lebih Baru, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.