Driver Panfrost Gallium3D Menghubungkan Dukungan Cache Disk Mesa Shader

  • Post author:
  • Post category:Linux

Salah satu fitur terakhir yang mendarat di Mesa 22.3 sebelum percabangan kemarin dan rilis Mesa 22.3-rc1 adalah mengaktifkan cache disk shader Mesa untuk Panfrost, driver open-source Arm Mali untuk generasi Midgard dan Bifrost.
Panfrost Gallium3D telah membuat perubahan yang diperlukan di Mesa 22.3 untuk mengaktifkan cache disk shader Mesa yang umum. Pada gilirannya ini akan membantu Panfrost pada waktu pemuatan game yang lebih cepat dengan menghindari kompilasi ulang shader pada pemuatan game berikutnya, membantu kinerja untuk game apa pun yang mengkompilasi shader dengan cepat, dll. Ini adalah cache di-disk Mesa yang sama yang digunakan oleh driver lain, hanya bit integrasi yang diperlukan untuk dukungan Panfrost.
Alyssa Rosenzweig dari Collabora mengerjakan dukungan cache disk shader. Dia menyimpulkannya sebagai:
Hubungkan cache disk shader Mesa ke Panfrost. Ditambah dengan precompiles dari patch sebelumnya, ini akan sangat mengurangi jank recompile shader.
Ini adalah implementasi tulang telanjang. Pekerjaan masa depan yang jelas meliputi:
– Caching shader internal (di luar Gallium)
– Implementasikan finalize_nir untuk mengurangi ukuran disk shaderSebagai bagian dari penggabungan ini juga kemampuan untuk melakukan kompilasi awal shader pada waktu pembuatan CSO untuk mencoba menghindari “draw-time jank”. Pra-kompilasi shader dapat diaktifkan menggunakan opsi debug “prakompilasi” yang baru.

Rincian lebih lanjut tentang dukungan cache disk shader Mesa untuk Panfrost melalui penggabungan ini.

Itulah berita seputar Driver Panfrost Gallium3D Menghubungkan Dukungan Cache Disk Mesa Shader, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.