Driver R600g Sumber Terbuka Untuk GPU AMD Lama Melihat Aktivitas Baru Untuk Meningkatkan Komputasi GPU

Sementara AMD lama berhenti secara aktif berkontribusi pada driver open-source R600 Gallium3D pada sistem Linux untuk OpenGL pada Radeon HD 2000 “R600” melalui kartu grafis Radeon HD 6000 “Northern Islands”, berkat beberapa pengembang komunitas open-source driver Mesa ini kode terus melihat peningkatan bahkan dengan seri Radeon HD 6000 yang sudah berusia lebih dari satu dekade. Yang terbaru di bagian depan R600g adalah berbagai upaya meningkatkan dukungan komputasi GPU. Sebagian besar pekerjaan R600g belakangan ini dilakukan oleh pengembang independen Gert Wollny yang mengerjakan dukungan NIR sebagai alternatif untuk TGSI. Dia sedang dalam proses meluncurkan back-end NIR yang ditulis ulang dan membuat peningkatan lain pada representasi perantara driver ini. Sementara itu, pengembang open-source Jason Volk baru-baru ini mengerjakan peningkatan R600g untuk memberi manfaat pada dukungan/kinerja komputasi GPU. Ada permintaan penggabungan yang sekarang dibuka untuk meningkatkan kinerja kumpulan memori komputasi dan mengurangi fragmentasi untuk driver R600g. Ada juga MR lain untuk meningkatkan penanganan memori komputasi juga. Jason Volk juga telah melakukan peningkatan R600g lainnya melalui repo Mesa-nya di mana ia memiliki cabang yang bekerja pada dukungan “userptr” penunjuk pengguna dan peningkatan terkait komputasi lainnya untuk GPU AMD pra-GCN ini. Menarik untuk melihat semua pekerjaan Gallium3D R600 ini terjadi pada tahun 2022. Secara terpisah Hesa ​​telah melihat tumpukan OpenCL “Rusticl” yang baru berkumpul. Akan menarik untuk melihat seberapa baik Rusticl bekerja dengan R600g dan apakah pada akhirnya mampu memberikan dukungan OpenCL yang lebih baik sekarang daripada dulu ketika seri Radeon HD 5000/6000 umum dan pada waktu itu (pra-ROCm) ketika AMD sedang mengerjakan Mesa “Clover” OpenCL stack yang sampai hari ini tetap dalam bentuk yang kasar. Berkat open-source, GPU Radeon lama mempertahankan nilai yang lebih baik di Linux.

Sementara untuk driver Perangkat Lunak Radeon di Windows dan dalam kapasitas dukungan resmi AMD, tahun lalu AMD membuat GPU pra-Polaris menjadi warisan sementara berkat Linux/sumber terbuka GPU ekosistem yang jauh lebih tua terus melihat peningkatan berbasis komunitas ini.

Itulah berita seputar Driver R600g Sumber Terbuka Untuk GPU AMD Lama Melihat Aktivitas Baru Untuk Meningkatkan Komputasi GPU, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.