Driver Radeon RADV Disiapkan Untuk Ekstensi Mesh Shading Vulkans Mendatang

Seperti yang telah saya tulis sejak tahun lalu, driver Mesa Radeon Vulkan “RADV” telah bekerja pada dukungan mesh shader eksperimental dan baru-baru ini dalam kode Mesa Git di sekitar task shader untuk RADV telah mendarat. Timur Kristóf yang dikontrak oleh Valve untuk mengerjakan tumpukan grafis Linux open-source telah mengerjakan dukungan mesh/task shader dalam persiapan untuk ekstensi Vulkan lintas-vendor yang akan datang di sekitar mesh shading.
Untuk saat ini dukungan shading mesh Vulkan adalah melalui ekstensi NV_mesh_shader NVIDIA tetapi dikatakan ada ekstensi lintas-vendor yang berasal dari kelompok kerja API Vulkan untuk membuat implementasi lebih berlaku untuk vendor / driver perangkat keras lainnya. Mesh shader menggabungkan pemrosesan vertex dan primitif sebagai perubahan mendasar pada pipeline rendering grafis.
Diagram NVIDIA pada pipeline shading mesh versus pendekatan pipeline yang ada.

NVIDIA mendukung mesh shader sejak Turing dan AMD dimulai dengan GPU RDNA2 (seri Radeon RX 6000). Intel juga telah mempersiapkan mesh shader di Linux untuk GPU DG2/Alchemist.
Mengikuti semua pekerjaan shader mesh / tugas baru-baru ini oleh Timur yang telah mendarat, ia menulis sejumlah posting di blog barunya yang menguraikan upaya tersebut. Lihat posting blog terbaru ini jika tertarik dengan semua detail teknis seputar dukungan mesh/task shader RADV.
Sementara untuk saat ini hanya ada ekstensi NV_mesh_shader, ekstensi shader mesh Vulkan yang tepat akan segera hadir. Timur mengakhiri posting terbarunya dengan, “Telah secara resmi dikonfirmasi bahwa ekstensi mesh shading lintas-vendor Vulkan akan segera hadir. Meskipun saya tidak dapat memberikan detail apa pun tentang ekstensi baru, saya pikir itu tidak akan mengejutkan untuk siapa pun yang mungkin menjadi motivasi untuk pekerjaan saya di mesh dan task shader. Setelah ekstensi baru dipublikasikan, saya akan memposting beberapa pemikiran tentangnya dan perbandingan dengan ekstensi NV_mesh_shader khusus vendor.”

Itulah berita seputar Driver Radeon RADV Disiapkan Untuk Ekstensi Mesh Shading Vulkans Mendatang, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.