Driver RADV Vulkan Berlanjut Dengan Kecepatan Penuh Mempersiapkan GPU RDNA3/GFX11

Minggu lalu saya menulis tentang bagaimana pengembang Mesa terkenal Samuel Pitoiset yang dipekerjakan oleh Valve sudah mulai mengerjakan dukungan GFX11 (RDNA3) untuk RADV, driver Radeon Vulkan open-source di Mesa yang tidak secara resmi didukung oleh AMD tetapi tetap lebih populer daripada driver “AMDVLK” mereka sendiri. Lebih banyak pekerjaan persiapan GFX11/RDNA3 tetap berlangsung dan sepertinya jika tren terus berlanjut, driver open-source ini dapat siap untuk kartu grafis RDNA3 pada waktunya untuk diluncurkan.
AMD tidak secara resmi mendukung RADV dan menyerahkannya kepada pihak ketiga dan komunitas sumber terbuka. Pekerjaan Samuel pada dukungan RADV GFX11 tampaknya didasarkan pada perubahan desain pembelajaran tentang GPU generasi berikutnya berdasarkan patch pengaktifan AMD ke driver RadeonSI Gallium3D (OpenGL) serta perubahan back-end kompiler AMDGPU LLVM shader ke LLVM hulu. Dan kemudian AMD melanjutkan pengaktifan di sisi kernel dengan driver AMDGPU Direct Rendering Manager. Mungkin juga AMD menyediakan beberapa dokumentasi atau detail ke Valve untuk membantu upaya ini dan mungkin mendapatkan akses ke GPU RDNA3 sebelum peluncuran publik. Bagaimanapun juga, AMD berkepentingan untuk memiliki dukungan perangkat lunak Linux yang baik terlepas dari apakah itu driver resmi mereka atau tidak.
Setelah kode awal digabungkan minggu lalu, minggu ini membawa lebih banyak aktivitas GFX11 untuk RADV serta back-end ACO (AMD Compiler) terkait yang dikembangkan oleh Valve alih-alih kompiler shader AMDGPU LLVM. Ada permintaan penggabungan yang mendarat pada hari Selasa dengan radv: dukungan yang sangat awal untuk GFX11. Samuel mencatat di sana, “Ini masih belum lengkap tetapi sudah berisi banyak perubahan. Saya akan membahas bagian-bagian yang hilang di MR terpisah.”

Tarik itu menambahkan sekitar 500 baris kode baru, di mana sekitar 150 baris diubah/dihapus dari kode yang ada. Satu hal menarik yang diangkat oleh seri patch ini adalah bahwa dengan GFX11, Next-Gen Geometry (NGG) sekarang selalu diaktifkan. Sebelumnya NGG harus diaktifkan dan menyebabkan masalah pada tahap awal pengaktifan untuk driver open-source tetapi setidaknya ada dukungan driver yang matang sekarang dengan NGG selalu aktif untuk GPU generasi berikutnya ini dengan jalur lama untuk perangkat keras dihapus .
Dibuka kemarin adalah permintaan penggabungan dengan pekerjaan dan perbaikan tambahan RADV GFX11 serta pekerjaan back-end ACO.
Pekerjaan GFX11 ini masuk ke Mesa sekarang untuk RadeonSI dan RADV adalah untuk Mesa 22.2, yang akan mencapai stabil pada bulan Agustus, dan harus menjadi versi yang digunakan oleh pembaruan distribusi musim gugur seperti Ubuntu 22.10. Demikian pula dukungan kernel awal sepertinya akan ada di sini dengan v5.19, tetapi bagi pengamat luar tidak jelas berapa banyak pekerjaan yang tersisa yang belum dipublikasikan/digabungkan. Jadi, jika dukungan RDNA3/GFX11 dihilangkan dalam beberapa bulan ke depan pada saat rilis distribusi Linux musim gugur ini, mudah-mudahan akan ada dukungan RDNA3 yang siap pakai untuk peluncuran kartu grafis AMD baru ini di H2.

Itulah berita seputar Driver RADV Vulkan Berlanjut Dengan Kecepatan Penuh Mempersiapkan GPU RDNA3/GFX11, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.