Driver Suhu CPU AMD Linux Melihat Patch Terbaru Untuk Zen 4 & Kemungkinan Mendocino

  • Post author:
  • Post category:Linux

Salah satu keluhan pribadi saya dengan dukungan CPU Zen AMD di Linux adalah kurangnya dukungan tepat waktu untuk pemantauan suhu CPU dengan driver “k10temp” mereka. Meskipun biasanya hanya ID baru yang sering dibutuhkan dan terkadang perlu menyesuaikan offset atau perubahan kecil lainnya, hal ini biasanya dilakukan setelah peluncuran dan terkadang diserahkan kepada patch dari komunitas open-source. Untungnya itu telah berubah dan dengan Zen 4 sepertinya dukungan itu akan siap untuk diluncurkan pada hari peluncuran dengan kernel Linux arus utama.
AMD dengan Rembrandt (Yellow Carp) mereka berhasil mendapatkan dukungan pra-peluncuran k10temp dan untuk Zen 4 mereka juga telah bekerja selama beberapa waktu sekarang untuk memastikan pemantauan suhu CPU di Linux berfungsi … Ini tentu saja tidak penting untuk sebagian besar pengguna, tetapi frustrasi pribadi karena untuk tinjauan CPU hari peluncuran itu bagus termasuk data termal yang belum mungkin ketika membutuhkan lebih dari ID baru ketika di masa lalu kadang-kadang ada pertanyaan tentang offset, dll. Sisi AMD, ini bukan upaya rekayasa besar tetapi sesuatu yang menyenangkan penggemar Linux yang berpikiran teknologi.
Kembali ke tahun lalu AMD sedang mempersiapkan CPU generasi berikutnya dengan perubahan k10temp untuk mendukung hingga 12 CCD dan membuat patch driver lain untuk ID PCI baru. Keluar hari ini adalah seri patch terbaru untuk k10temp dalam mempersiapkan dukungan Zen 4.
Tambalan kembali ke tahun lalu mengutip Model Family 19h baru sementara sekarang ternyata beberapa ID model hilang. Seri tambalan dari insinyur AMD Linux Mario Limonciello menjelaskan, “Seri ini dimulai sebagai koreksi terhadap komitmen sebelumnya, tetapi saya melewatkan bahwa komitmen sebelumnya adalah untuk keluarga yang berbeda dengan model chip yang sama. Jadi saat memperbaiki seri, saya juga memperhatikan bahwa beberapa chip yang akan datang memiliki ID PCIe baru dan offset CCD yang belum didukung, jadi tambahkan ke amd_nb/k10temp.”
Lisa Su memamerkan Zen 4 kembali selama keynote.

Computex 2022-nya Apa iterasi kelima dari patch pengaktifan k10temp ini berjumlah mendukung Keluarga 17h A0h-AFh, Keluarga 19h 70h-7Fh, dan Keluarga 19h 60h-6Fh. Family 17h adalah untuk Zen / Zen 2 sedangkan Family 19h sejauh ini untuk Zen 3. Seperti disebutkan dalam artikel Phoronix sebelumnya, berdasarkan patch kernel Linux lainnya, hampir pasti tampaknya Family 19h akan menyertakan CPU Zen 4 jadi semua indikasi sejauh ini telah bagian 60h dan 70h kemungkinan untuk chip Zen 4 (dan Zen 4C) yang berbeda. ID baru di Family 17h mungkin untuk SoC Mendocino mendatang untuk laptop beranggaran rendah… Jika tidak, saya tidak dapat memikirkan prosesor Zen 2 apa yang saat ini tidak tercakup oleh dukungan driver k10temp Linux.
Bagaimanapun, tambalan v5 sekarang ada di luar sana dengan driver suhu AMD Linux “k10temp” yang siap mendukung prosesor yang akan datang ini. Mudah-mudahan tambalan ini akan berhasil mendarat untuk siklus Linux 5.20 yang akan datang sehingga ada dukungan kernel utama menjelang peluncuran prosesor desktop dan server Zen 4 akhir tahun ini.

Itulah berita seputar Driver Suhu CPU AMD Linux Melihat Patch Terbaru Untuk Zen 4 & Kemungkinan Mendocino, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.