Driver “UBD” Eksperimental Diposting Sebagai Driver Blok Ruang Pengguna Berbasis IO_uring

Ming Lei dari Red Hat telah menerbitkan implementasi awal dari driver blok ruang pengguna berbasis IO_uring untuk Linux.
Permintaan komentar dikirim pada hari Senin untuk “UBD” sebagai driver blok ruang pengguna IO_uring. Driver UBD ini sejalan dengan daemon ruang pengguna “UBDSRV” yang juga ditulis oleh Ming Lei.
Ming menjelaskan tentang UBD:
Kedua bagian berkomunikasi dengan IORING_OP_URING_CMD io_uring dengan satu buffer cmd bersama untuk menyimpan perintah io, dan buffer hanya dibaca untuk ubdsrv, setiap perintah io diindeks oleh tag permintaan io secara langsung, dan ditulis oleh driver ubd.
Misalnya, ketika satu permintaan READ io diajukan ke driver blok ubd, driver ubd menyimpan perintah io ke buffer cmd terlebih dahulu, kemudian menyelesaikan satu IORING_OP_URING_CMD untuk memberi tahu ubdsrv, dan URING_CMD dikeluarkan ke driver ubd terlebih dahulu oleh ubdsrv untuk mendapatkan pemberitahuan apa pun permintaan io baru, dan setiap URING_CMD dikaitkan dengan satu permintaan io berdasarkan tag.
Setelah ubdsrv mendapatkan perintah io, ubdsrv menerjemahkan dan menangani permintaan ubd io, seperti, untuk target ubd-loop, ubdsrv menerjemahkan permintaan menjadi permintaan yang sama pada file atau disk lain, seperti driver blok loop kernel. Dalam implementasi ubdsrv, io masih ditangani oleh io_uring, dan berbagi ring yang sama dengan perintah IORING_OP_URING_CMD. Ketika permintaan io target selesai, IORING_OP_URING_CMD yang sama dikeluarkan untuk driver ubd untuk melakukan hasil permintaan io dan mendapatkan pemberitahuan di masa mendatang tentang permintaan io baru. Dukungan nol-salin untuk driver UBD adalah salah satu fitur besar yang masih harus dikejar.
Lihat tambalan ini untuk detail lebih lanjut tentang upaya driver blok ruang pengguna ini dari Red Hat. Daemon ruang pengguna UBD di-host di GitHub. Akan menarik untuk melihat bagaimana driver blok ruang pengguna ini berkembang dan adopsi seperti apa yang mungkin dilihatnya.

Itulah berita seputar Driver “UBD” Eksperimental Diposting Sebagai Driver Blok Ruang Pengguna Berbasis IO_uring, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.