Driver VPU Intel Diadaptasi Untuk Kerangka Akselerator Baru Linux

  • Post author:
  • Post category:Linux

Kembali ke musim panas, Intel memposting driver Linux sumber terbuka pertama mereka untuk Unit Pemrosesan Serbaguna “VPU” yang memulai debutnya dengan Meteor Lake. Sejak itu mereka terus menyempurnakan driver VPU Linux open-source ini dan dengan seri tambalan terbaru telah mengadaptasinya untuk memanfaatkan kerangka kerja/subsistem akselerator baru yang ditayangkan perdana di Linux 6.2. Linux 6.2 diatur untuk memperkenalkan subsistem akselerator “accel” baru dan kerangka kerja yang dimaksudkan untuk menjadi area umum baru di kernel untuk akselerator AI dan perangkat serupa. Sebagaimana diuraikan dalam artikel sebelumnya, subsistem/kerangka kerja akselerator ini menggunakan kembali elemen umum dari subsistem Direct Rendering Manager (DRM) mengingat semua kesamaan antara akselerator saat ini dan prosesor grafis. DMA-BUF dan banyak antarmuka DRM cocok dengan ruang lingkup akselerator sehingga area akselerasi baru ini akan bekerja dengan baik. Ini juga bekerja lebih baik daripada memasukkan beberapa driver ke “char/misc” seperti salah satu area untuk driver akselerator hingga saat ini. Unit Pemrosesan Serbaguna Intel (jangan bingung dengan Unit Pemrosesan Video) sedang diperkenalkan dengan Meteor Lake CPUs.

Dengan subsistem accel yang diantrekan untuk diperkenalkan di Linux 6.2, driver Habana Labs Intel sedang dalam proses diadaptasi dari char/ misc ke framework baru — lagipula, pengelola kernel driver Habana Labs, Oded Gabbay berperan penting dalam menyatukan subsistem baru ini. Sekarang driver VPU Intel untuk Meteor Lake juga telah disesuaikan dengan kode accel yang baru. Seri patch Intel VPU v4 yang diposting hari ini telah beralih menggunakan kerangka accel serta membuat berbagai perbaikan kode tingkat rendah lainnya.

Unit Pemrosesan Serbaguna dengan Meteor Lake adalah akselerator inferensi terintegrasi CPU yang akan digunakan untuk Computer Vision (CV) dan perangkat lunak pembelajaran mendalam. Driver VPU Intel masih menjalani peninjauan dan tidak diharapkan untuk digabungkan hingga pasca-6.2 di beberapa titik kemungkinan besar pada tahun 2023. Mereka yang tertarik dapat melihat tambalan v4 untuk perubahan terbaru lainnya pada blok akselerator baru ini untuk CPU Core Generasi ke-14.

Itulah berita seputar Driver VPU Intel Diadaptasi Untuk Kerangka Akselerator Baru Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.