Driver Vulkan Sumber Terbuka PowerVR Menambahkan Dukungan Untuk TI AM62 SoC

  • Post author:
  • Post category:Linux

Awal bulan ini, SoC seri TI Sitara AM62 diumumkan untuk IoT berdaya rendah, AI, dan kasus penggunaan lainnya. Sementara ditenagai oleh inti Arm Cortex-A53 yang tidak menarik, dengan bagian SoC AM625 dari jajaran Sitara baru ini, ada GPU Imagination PowerVR dan yang sekarang diaktifkan oleh driver Vulkan open-source baru. TI AM625 tidak terlalu menarik karena ditenagai Cortex-A53 pada tahun 2022 tetapi GPU PowerVR membukanya untuk beberapa komputasi tepi dan kasus penggunaan AI. SoC seri TI AM62 menggunakan GPU IMG AXE-1-16M yang dinilai untuk kompatibilitas Vulkan 1.2, hingga 30% lebih kecil dari desain kinerja setara sebelumnya, dan juga mampu OpenGL 3.0 dan OpenGL ES 3.x meskipun Imajinasi belum mengejar driver OpenGL/GLES open-source yang mendukung penggunaan Zink OpenGL di atas Vulkan. Starter kit TI Sitara SK-AM62 AM62x dengan AM625 SoC menampilkan PowerVR graphics.

Komitmen ini untuk Mesa 22.2 kemarin memungkinkan TI AM62 sebagai platform yang didukung untuk driver “PVR” Vulkan dari Imagination Tech. Pemberdayaan AM62 ini dikerjakan oleh para insinyur Imagination Tech sendiri. Sebelum terlalu bersemangat dengan SoC TI Arm berbiaya rendah dengan grafis PowerVR yang didukung oleh driver Vulkan open-source, perlu diingat bahwa driver ini masih dalam tahap awal. Itu masih membutuhkan kompiler shader yang mumpuni bersama dengan banyak pekerjaan lain pada kode driver Vulkan itu sendiri agar berguna bagi pengguna akhir. Selain itu, driver kernel PowerVR DRM masih ada dan belum di-mainline-kan. Bagaimanapun, sangat menyenangkan melihat Imajinasi akhirnya mengerjakan kode driver 3D open-source ini pada tahun 2022.

Itulah berita seputar Driver Vulkan Sumber Terbuka PowerVR Menambahkan Dukungan Untuk TI AM62 SoC, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.