Dukungan AMD GFX11 / RDNA3 Awal Mendarat Di Mesa, RADV Bersiap Untuk Pembatas Tugas

Semalam beberapa kode driver grafis AMD Radeon open-source terkemuka digabungkan ke dalam apa yang akan menjadi rilis Mesa 22.2 kuartal berikutnya.
Pertama dan yang paling menonjol, dukungan IP grafis AMD “GFX11” yang baru-baru ini dibicarakan untuk Mesa telah mendarat. GFX11 adalah IP/blok tampilan grafis generasi berikutnya yang hampir pasti untuk RDNA3 dan penerus GFX10 seperti RDNA/RDNA2 dan GFX9 untuk “Vega” / CDNA sebelumnya. Sejak akhir April, teknisi AMD telah mulai memposting sejumlah patch GFX11 tidak hanya untuk Mesa tetapi juga driver DRM kernel AMDGPU Linux.
Pekerjaan GFX11 ini sejalan dengan semua seri tambalan terbaru lainnya yang memungkinkan blok IP yang berbeda dalam persiapan untuk kartu grafis Radeon generasi berikutnya yang diluncurkan akhir tahun ini. AMD juga telah meningkatkan target GFX11 awal menjadi LLVM 15.0 untuk rilis sekitar bulan September karena memiliki dukungan back-end kompiler AMDGPU shader.
Dukungan GFX11 yang digabungkan saat ini memiliki “Ini sebagian besar. Beberapa bit hilang dan akan ditambahkan nanti.” Agaknya akan ada beberapa fitur perangkat keras GFX11 baru yang diaktifkan di kemudian hari menjelang peluncuran. Fokus dukungan Mesa AMD adalah pada driver RadeonSI Gallium3D OpenGL dengan driver Mesa “RADV” sebagai driver tidak resmi yang dikerjakan oleh orang-orang seperti Red Hat, Google, Valve, dan lainnya. Pengembang RADV pasti akan bekerja pada dukungan GFX11/RDNA3 berdasarkan patch open-source untuk komponen lain dan juga perlu mendapatkan kompiler ACO back-end yang didukung untuk GFX11.
Sebagai bagian dari pengaktifan GFX11 dalam Mesa juga terdapat patch VCN4 Mesa untuk membuat encode/decode berakselerasi GPU Video Core Next 4.0 bekerja dengan pelacak status akselerasi video Gallium3D. Masih belum ada tanda-tanda dukungan enkode perangkat keras AV1 di sana tetapi bisa jadi untuk seri tambalan selanjutnya.
Banyak kode menarik yang digabungkan dalam semalam ke Mesa 22.2-devel.

Sepenuhnya terpisah dari GFX11 tetapi juga digabungkan dalam semalam adalah beberapa refactoring RADV ke kode pengiriman antrian. Permintaan penggabungan ini penting karena selangkah lebih dekat untuk mendukung task shader dengan driver Radeon Vulkan open-source ini. Pekerjaan shader tugas adalah langkah penting lainnya yang sejalan dengan pekerjaan shader mesh RADV baru-baru ini.
Saat-saat menyenangkan seperti biasa di dunia grafis Linux open-source.

Itulah berita seputar Dukungan AMD GFX11 / RDNA3 Awal Mendarat Di Mesa, RADV Bersiap Untuk Pembatas Tugas, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.