Dukungan Apple M1 NVMe Dijadwalkan Untuk Linux 5.19

Kegembiraan Apple M1 terbaru di Linux untuk kernel arus utama adalah driver NVMe yang dijadwalkan untuk diperkenalkan di jendela penggabungan Linux 5.19 yang akan datang. Meskipun NVMe adalah standar industri, sayangnya, driver khusus dan perselisihan diperlukan agar penyimpanan NVMe bekerja di bawah kernel Linux dengan Apple Silicon. Asahi Linux telah membawa kode NVMe ini dan drivernya telah keluar untuk ditinjau pada milis kernel dan sekarang diposisikan untuk mendarat di Linux 5.19 arus utama. Pengontrol NVMe dengan Apple M1 Mac tidak terpasang ke bus PCI Express dan berbagai perubahan/keanehan mendasar diperlukan agar Linux dapat bermain dengan baik dengan perangkat keras Apple. Pengontrol NVMe juga bergantung pada co-prosesor RTOS (RTKit) berpemilik yang perlu berinteraksi dengan kernel Linux sebagai bagian dari dukungan. Dukungan NVMe untuk Apple M1 tidak disumbangkan oleh Apple melainkan komunitas sumber terbuka rekayasa balik.

Pengandar platform Apple NVMe dan semua perubahan lain yang diperlukan berjumlah sekitar 3,5 ribu baris kode baru. Kode itu sekarang menjadi bagian dari area driver SoC menjelang pembukaan jendela penggabungan Linux 5.19 akhir bulan ini. Linux 5.19 pada gilirannya akan keluar sebagai stabil pada bulan Juli. Secara keseluruhan dukungan Linux pada Apple M1 Mac terus berkembang terutama untuk Mac Mini yang tidak perlu berurusan dengan audio/mikrofon dan konektivitas laptop lainnya. Salah satu penghambat besar yang masih bekerja untuk diatasi adalah untuk dukungan grafis akselerasi yang tepat. Bagaimanapun, kinerja CPU Linux Apple M1 berjalan cukup baik jika tidak membutuhkan grafik yang dipercepat.

Itulah berita seputar Dukungan Apple M1 NVMe Dijadwalkan Untuk Linux 5.19, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.