Dukungan BIOS Lama Tetap Penting Untuk Beberapa Orang Di Fedora, Dapat Mengalihkan Tanggung Jawab Ke SIG

Awal bulan ini, proposal perubahan diajukan untuk Fedora 37 yang ingin menghentikan dukungan BIOS lama. Itu menendang sarang lebah dengan banyak pengguna Fedora yang menyatakan keinginan mereka untuk melihat dukungan BIOS warisan Fedora terus berlanjut apakah itu untuk menjalankan distribusi Linux pada perangkat keras yang sudah ketinggalan zaman atau bahkan hanya untuk VM tanpa boot UEFI. Tampaknya tanggung jawab dukungan BIOS lama malah dialihkan ke kelompok minat khusus (SIG) baru untuk melakukan pekerjaan pemeliharaan dan pengujian dukungan boot pra-UEFI tersebut.
Diskusi milis Fedora asli itu sangat aktif seperti halnya diskusi yang bersemangat di dalam forum kami dan di tempat lain tentang prospek Fedora akhir tahun ini meninggalkan dukungan boot BIOS lama.
Dengan banyaknya yang bersikeras untuk mendukung Fedora legacy BIOS, sementara Red Hat jelas ingin mengurangi beban dukungan mereka dan lebih fokus pada perangkat keras yang dirilis dalam dekade terakhir. Alih-alih menghilangkan dukungan BIOS lama, ini dapat mengarah pada pembuatan Fedora Special Interest Group (SIG) baru yang akan ditugaskan untuk memelihara dan menguji rilis Fedora di masa mendatang dengan kompatibilitas BIOS lama.
Dimulai minggu lalu adalah utas Fedora lainnya tentang apakah panggilan video harus dijadwalkan untuk memperdebatkan lebih lanjut proposal penghentian BIOS lama. Seperti yang dirangkum di sana, Fedora SIG mungkin masuk akal di mana mereka yang tertarik dengan dukungan BIOS lama akan dibiarkan menangani laporan bug pada BugZilla yang berkaitan dengan regresi apa pun, pengujian rutin rilis Fedora saat ini dan yang akan datang untuk memverifikasi dukungan BIOS lama, dan mengerjakan pengemasan BIOS lama terkait – terutama jika dukungan GRUB booting BIOS dialihkan ke paket terpisah.
Apakah sudah waktunya bagi Fedora dan distribusi Linux lainnya untuk memfokuskan lebih sedikit sumber daya pada dukungan BIOS lama?

Jika/ketika SIG berhenti secara aktif mempertahankan dukungan BIOS lama, Fedora kemudian akan secara resmi menghentikan dukungan BIOS lama. SIG serupa telah dikerjakan di masa lalu seperti sekitar dukungan x86 32-bit meskipun minat berkurang seiring waktu dan akhirnya mengarah pada penghentian fitur tersebut.
Apakah Anda masih mengandalkan #Linux dengan boot BIOS lama (non-UEFI)?

— Phoronix (@phoronix) 18 April 2022Kita akan melihat apa yang terjadi dengan diskusi dukungan BIOS warisan Fedora selama beberapa minggu mendatang dan jika SIG seperti itu bentuk dan yang paling penting berapa banyak dari pengguna BIOS warisan vokal yang melangkah untuk membantu mempertahankannya.

Itulah berita seputar Dukungan BIOS Lama Tetap Penting Untuk Beberapa Orang Di Fedora, Dapat Mengalihkan Tanggung Jawab Ke SIG, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.