Dukungan Driver Grafis Intel Raptor Lake P Linux Sedang Disiapkan

Dengan kernel Linux 5.19 akan ada dukungan driver grafis awal untuk Raptor Lake S dengan kumpulan awal ID PCI yang ditambahkan. Diterbitkan hari ini dalam bentuk tambalan dan masih berpotensi membuatnya menjadi arus utama di v5.19 adalah dukungan Raptor Lake P.
Mirip dengan Alder Lake P dan sebelumnya, varian Raptor Lake P seharusnya untuk “laptop tipis dan ringan berperforma” generasi berikutnya. Dikirim hari ini adalah kode yang menambahkan kumpulan awal ID perangkat PCI Raptor Lake P (RPL-P) ke driver grafis kernel i915. Catatan tambalan dari perspektif driver kernel, “RPL-P berperilaku identik dengan ADL-P.” Jadi kurang dari dua lusin baris kode baru untuk pemberdayaan Raptor Lake P. Semua jalur kode driver yang sama dengan Alder Lake P harus diikuti.

Batch awal ID PCI Raptor Lake P adalah 0xA720, 0xA721, 0xA7A0, 0xA7A1, 0xA7A8, dan 0xA7A9. Itu tidak berarti akan ada enam konfigurasi grafis yang berbeda untuk Raptor Lake P tetapi beberapa mungkin dicadangkan untuk model rekayasa dan/atau varian masa depan tetapi saat ini tidak direncanakan.
Bagaimanapun, bagus untuk melihat patch ini di luar sana sekarang mendapatkan dukungan Raptor Lake P dimulai, mirip dengan patch Raptor Lake S yang datang bersama dalam beberapa minggu terakhir. Intel diperkirakan akan meluncurkan Raptor Lake pada akhir tahun 2022. Raptor Lake diharapkan hadir dalam konfigurasi hingga 24 core / 32 thread melalui campuran core P dan E sementara kemampuan grafis diharapkan serupa dengan Gen12 Alder yang ada. Grafis danau.

Itulah berita seputar Dukungan Driver Grafis Intel Raptor Lake P Linux Sedang Disiapkan, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.