Dukungan Ekstensi Matriks Skalabel ARMv9 Mendarat di Linux 5.19

Perubahan arsitektur 64-bit Arm (AArch64) telah digabungkan ke dalam kernel Linux 5.19 yang sedang dikembangkan.
Yang paling menonjol dengan perubahan AArch64/ARM64 untuk Linux 5.19 adalah dukungan sisi kernel awal untuk Arm`s Scalable Matrix Extension (SME).
Ekstensi Matriks Skalabel Arm dengan ARMv9-A dibangun di atas Ekstensi Vektor Scalable SVE/SVE2 yang ada untuk memungkinkan penyimpanan ubin matriks, memuat/menyimpan/menyisipkan/mengekstrak vektor ubin, produk luar vektor SVE, dan mode SVE streaming. Mode SVE Streaming dengan SME memungkinkan penyimpanan dan instruksi SME baru ditambah subset instruksi SVE2 sementara meninggalkan mode streaming mengarah ke perilaku yang tidak berubah dari SVE2.

Linux 5.19 memiliki dukungan ARMv9 SME awal. Pada titik ini satu bagian penting yang hilang adalah tidak ada dukungan virtualisasi KVM untuk SME sehingga dinonaktifkan untuk tamu VM. Agaknya dukungan ARMv9 SME untuk para tamu akan datang nanti.
Tarik ARM64 juga memiliki peningkatan reservasi crashkernel, pembaruan kinerja, berbagai pembersihan kode, dan berbagai peningkatan kode lengkung CPU tingkat rendah lainnya.

Itulah berita seputar Dukungan Ekstensi Matriks Skalabel ARMv9 Mendarat di Linux 5.19, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.