Dukungan FFmpeg Lands JPEG-XL

Pustaka multimedia FFmpeg yang banyak digunakan telah menggabungkan dukungan untuk format gambar JPEG-XL.
Digabungkan ke dalam FFmpeg pada hari Sabtu adalah dukungan untuk codec gambar JPEG-XL. FFmpeg memanfaatkan pustaka libjxl de facto untuk menangani konten JPEG-XL dan mendukung pengodean dan penguraian kode gambar. Pekerjaan ini mencakup muxing/demuxing gambar JPEG-XL sebagai stream dan dukungan FFmpeg lainnya bekerja di sekitar codec ini.
JPEG-XL diharapkan menjadi pengganti universal untuk format gambar lossy dan lossless raster lainnya. Bitstream JPEG-XL diselesaikan pada akhir tahun 2021 dan telah mulai diadopsi oleh berbagai aplikasi open-source dan closed-source. JPEG-XL ditujukan untuk bebas royalti meskipun awal tahun ini beberapa kekhawatiran muncul dengan Microsoft diberikan paten seputar kompresi data “rANS” (range Asymmetric Numeral System) yang digunakan oleh JPEG-XL.

Kita akan melihat bagaimana adopsi jangka panjang dari JPEG-XL dimainkan tetapi bagaimanapun juga, sejak kemarin perpustakaan multimedia FFmpeg yang banyak digunakan sekarang memiliki dukungan untuk format gambar.

Itulah berita seputar Dukungan FFmpeg Lands JPEG-XL, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.