Dukungan Habana Labs Gaudi2 Memimpin Perubahan Char/Lainnya Linux 6.0

  • Post author:
  • Post category:Linux

Perubahan “char/misc” digabungkan beberapa hari yang lalu untuk kernel Linux 6.0 dengan tarikan ini menjadi area kernel “penampungan semua” yang agak “acak” untuk driver yang tidak cocok dengan subsistem lain. Yang paling menonjol dengan pembaruan char/misc untuk Linux 6.0 adalah memperkenalkan dukungan untuk Intel Habana Labs Gaudi2.
Intel mengumumkan Gaudi2 pada konferensi Vision mereka pada bulan Mei. Gaudi2 adalah prosesor AI generasi berikutnya untuk pelatihan dan inferensi. Gaudi2 bertujuan untuk memberikan kinerja pelatihan AI dua kali lebih baik daripada NVIDIA A100 yang populer. Dibandingkan dengan Gaudi asli yang diproduksi pada 16nm, Gaudi2 berbasis 7nm, tiga kali lipat jumlah TPC menjadi 24, menawarkan memori HBM2E 96GB dibandingkan dengan HBM2 32GB, jaringan 24 x 100 GbE, dan sekarang memiliki TDP 600 Watt lebih dari 350 Watt dengan model aslinya.

Back pada bulan Juni Intel mulai menerbitkan dukungan driver Linux untuk Gaudi2 tanpa bit jaringan. Dukungan Gaudi2 dibangun dari driver kernel Linux arus utama “habanalabs” yang ada. Beberapa minggu terakhir kode Gaudi2 telah diantrekan di char-misc untuk 6.0 (nee 5.20) dan sekarang digabung ke jalur utama. Intel at Vision juga mengumumkan prosesor Greco AI tetapi itu belum didukung oleh driver ini.
Hasil benchmark Habana Labs yang diterbitkan sendiri untuk Gaudi2 dapat ditemukan di habana.ai.

Dukungan Habana Labs Guadi2 memimpin perubahan char/misc terutama dengan semua file header baru yang mengarah ke banyak kode kernel baru — char/misc pull adalah 184k baris kode baru dan 11,8k baris dihapus. Namun selain pengaktifan Gaudi2, char/misc dengan Linux 6.0 juga memiliki banyak pembaruan driver I/O Industri serta pembaruan untuk SoundWire, Slimbus, driver FPGA, dan perubahan lain-lain. Daftar lengkap tambalan dapat ditemukan melalui tarikan ini.
Char/Misc bisa menjadi sedikit lebih ringan bergerak maju dengan diskusi baru tentang subsistem akselerator kernel Linux atau proposal alternatif bahwa driver akselerator/komputasi AI harus menjadi bagian dari subsistem DRM.

Itulah berita seputar Dukungan Habana Labs Gaudi2 Memimpin Perubahan Char/Lainnya Linux 6.0, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.