Dukungan Intel Arctic Sound M Ditambahkan Ke Driver Mesa 22.1

Menjelang fitur pembekuan / percabangan kode yang diharapkan minggu depan untuk Mesa 22.1, Intel hari ini memberikan dukungan Arctic Sound M “ATS-M” untuk driver OpenGL dan Vulkan open-source mereka.
Dengan Arctic Sound M memanfaatkan GPU diskrit DG2/Alchemist, semua jalur kode driver yang ada sedang diikuti. Pemberdayaan ATS-M di Mesa sama dengan menambahkan ID PCI baru untuk kartu ATS-M: 0x56c0 adalah bagian ATS-M berdasarkan DG2-G10 dan 0x56c1 adalah kartu ATS-M lain yang ditambahkan yang didasarkan pada pengurangan DG2-G11.
Kembali pada bulan Januari, dukungan Arctic Sound M ditambahkan ke Driver Media open-source mereka yang menyebutnya sebagai “Arctic Sound Mainstream”. Bulan lalu patch kernel Linux datang untuk ATS-M yang mengacu pada Arctic Sound M sebagai platform server tetapi tanpa dukungan perangkat keras tampilan. Sekali lagi, pekerjaan sisi driver kernel juga minimal dengan sebagian besar mengikuti jalur kode driver DG2/Alchemist dan hanya mengabaikan dukungan tampilan apa pun. Minggu lalu Intel Media SDK baru dirilis dengan dukungan encode video untuk ATS-M juga.

Sekarang dengan tambalan ini menambahkan ID PCI ATS-M untuk Mesa 22.1, sepertinya dukungan sudah ada saat dipasangkan dengan komponen driver Intel terbaru lainnya yang disebutkan. Diberikan dengan Arctic Sound M yang tidak memiliki output tampilan, dukungan Mesa hanya untuk rendering tanpa kepala dan kasus penggunaan serupa.
Intel ATS-M sedang mengambil sampel ke mitra mereka saat ini sementara GPU pusat data ini akan tersedia lebih luas di akhir tahun kalender ini.

Itulah berita seputar Dukungan Intel Arctic Sound M Ditambahkan Ke Driver Mesa 22.1, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.