Dukungan Rendering Siklus Blender Untuk Intel Arc Via oneAPI + SYCL Sedang Ditinjau

Dibuka pada akhir Maret adalah back-end Intel oneAPI yang sedang dikerjakan untuk renderer Siklus Blender. Back-end GPU Intel yang berfokus untuk mendukung kartu grafis Intel Arc perusahaan yang akan datang ini menargetkan Open-source oneAPI Base Toolkit dan memanfaatkan SYCL. Masih ada lebih banyak pekerjaan kode yang diperlukan, tetapi bagus untuk melihat ini datang bersama untuk melengkapi dukungan NVIDIA CUDA dan AMD HIP Blender.
Dengan Blender 3.0 yang telah menghapus akselerasi OpenCL, setidaknya sampai ada back-end Vulkan yang layak dikembangkan, itu terserah pada rendering back-end khusus vendor dengan kode NVIDIA CUDA/OptiX yang memimpin diikuti oleh AMD HIP. (Dengan Blender 3.2 musim panas ini adalah di mana akselerasi AMD HIP di Linux akhirnya akan berada di tempatnya.) Insinyur Intel baru-baru ini dikirim untuk meninjau kode mereka dengan menambahkan back-end Siklus untuk GPU Intel melalui oneAPI dan SYCL API. Melalui SYCL standar industri, back-end ini berpotensi digunakan dengan tumpukan driver lain di masa mendatang.

Back-end Intel ini dapat bekerja untuk grafis terintegrasi Gen12 tetapi fokus Intel jelas pada GPU khusus Intel Arc. Dari ulasan, “Implementasi ini telah diuji pada GPU terintegrasi Tiger Lake dan Alder Lake serta silikon pra-produksi grafis Intel Arc yang menjadi fokus kami saat ini. Waktu kompilasi untuk target sebelum Intel® Arc™ diketahui sangat lama. (saat ini sekitar satu jam) dan sedang dikerjakan.”
Detail lebih lanjut tentang kode Siklus Blender yang sedang berlangsung ini untuk GPU Intel melalui developer.blender.org. Back-end ini telah diuji pada Windows dan Linux tetapi membutuhkan semua komponen oneAPI yang diperlukan untuk berhasil mengaktifkan akselerasi GPU. Mudah-mudahan back-end Blender ini akan diperbaiki dan digarisbawahi pada waktunya untuk lebih banyak perangkat keras grafis Intel Arc yang muncul akhir tahun ini.

Itulah berita seputar Dukungan Rendering Siklus Blender Untuk Intel Arc Via oneAPI + SYCL Sedang Ditinjau, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.