Dukungan Rusticl Untuk Driver AMD RadeonSI Sedang Dikerjakan

  • Post author:
  • Post category:Linux

Rusticl sebagai implementasi OpenCL yang ditulis Rust untuk Mesa`s Gallium3D sebagai alternatif CL yang lebih baru dan berfokus pada modern untuk kode “Clover” yang ada akan segera melihat dukungan arus utama untuk bekerja dengan driver RadeonSI Gallium3D untuk mendukung prosesor grafis AMD modern.
Rusticl baru-baru ini mendapatkan dukungan untuk driver Iris Intel selain mendukung driver open-source NVIDIA “Nouveau” dan Arm Panfrost yang sedang berjalan, ditambah software fallback swrast. Karol Herbst dari Red Hat yang menulis Rusticl sebagai driver OpenCL 3.0 baginya untuk mempelajari bahasa pemrograman Rust kini telah bekerja untuk mendapatkan dukungan RadeonSI secara berurutan.
Akhir pekan ini Karol membuka permintaan penggabungan Mesa dengan “perbaikan kritis” untuk driver RadeonSI. Ini termasuk kode ac/llvm untuk mendukung ID workgroup berukuran non-32-bit, menetapkan lokasi sebelum meneruskan NIR ke driver dari kernel Rusticl, dan Rusticl membatasi memori global hingga 2GB.
Dalam permintaan penggabungan itu Karol mencatat, “radeonsi masih jauh dari bekerja dengan Rusticl dan saya masih berhasil membuat crash kernel Linux dengan Radeonsi.” Tapi kemudian pada hari yang sama dia menindaklanjuti dengan komentar di MR itu, “uhm.. sebenarnya..” Dengan tangkapan layar ini:
Tangkapan layar

Karol menunjukkan benchmark LuxMark OpenCL yang berjalan pada kartu grafis AMD Radeon RX 6700 XT (RDNA2) dengan Rusticl yang menyediakan implementasi OpenCL 3.0.
Melalui cabang Mesa Git Karol, ia memiliki tambalan yang memungkinkan dukungan RadeonSI. Sampai saat ini belum ada MR yang menunggu arus utama untuk melanjutkan dan mengaktifkan dukungan RadeonSI tetapi mengingat kemajuan akhir pekan ini yang bisa segera terjadi.
AMD dulu mendukung driver Mesa Clover di masa pra-ROCm mereka, tetapi dalam beberapa tahun terakhir hanya berfokus pada penyediaan dukungan OpenCL di Linux melalui driver ROCm mereka. Akan sangat menarik untuk melihat dengan GPU AMD modern bagaimana kinerja Rusticl melawan ROCm OpenCL. Memiliki dukungan Rusticl merupakan nilai tambah karena merupakan bagian dari Mesa dan dikemas oleh banyak distribusi Linux dibandingkan dengan ROCm yang tidak dikemas secara luas di antara distribusi Linux untuk memudahkan penyebaran pengguna. Mengingat Rusticl baru di Mesa 22.3, akan menarik untuk melihat bagaimana tumpukan komputasi Rust OpenCL untuk Mesa ini matang selama tahun depan dan adopsi seperti apa yang dilihatnya. Saya akan berada di sekitar dengan tolok ukur ketika Mesa 22.3 stabil mendekati akhir November / Desember.

Itulah berita seputar Dukungan Rusticl Untuk Driver AMD RadeonSI Sedang Dikerjakan, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.