Dukungan Sub-Halaman RAID 5/6 Btrfs Disiapkan Untuk Linux 5.19

Sistem file Btrfs terbaru yang bekerja pada mode RAID5/RAID6 aslinya sekarang mendukung fungsionalitas sub-halaman sistem file.
Fungsi “Subhalaman” Btrfs adalah untuk menangani ukuran sektor yang lebih kecil dari ukuran halaman, daripada biasanya dua ukuran harus sama.
Btrfs memiliki banyak kode di sekitar dukungan sub-halamannya dan memerlukan penanganan khusus untuk RAID5/RAID6. Kode tersebut telah ditinjau dan tampaknya siap untuk diperkenalkan di Linux 5.19.
Mulai minggu lalu, dukungan sub-halaman RAID5/6 sudah siap dan diaktifkan dalam cabang for-next kdave sebelum pembukaan jendela penggabungan Linux 5.19 akhir bulan ini.

Mengaktifkan dukungan sub-halaman RAID5/RAID6 untuk Btrfs dilakukan oleh Qu Wenruo dari SUSE.
Secara lebih luas, status terkini dan informasi seputar dukungan RAID asli Btrfs dapat ditemukan melalui Wiki Btrfs. Secara khusus ada juga halaman RAID 5/6 yang masih memuat peringatan, “Kode RAID paritas memiliki masalah khusus terkait dengan integritas data. Seharusnya tidak digunakan untuk metadata. Untuk data, harus aman selama scrub dijalankan segera setelah shutdown yang tidak bersih.”

Itulah berita seputar Dukungan Sub-Halaman RAID 5/6 Btrfs Disiapkan Untuk Linux 5.19, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.