DXVK 2.0 Dirilis dengan Perubahan Besar dan Peningkatan Dukungan untuk Banyak Game

  • Post author:
  • Post category:Linux


DXVK, lapisan terjemahan open-source populer berbasis Vulkan untuk Direct3D 9, 10 dan 11 yang memungkinkan Anda menjalankan aplikasi dan game 3D yang dirancang untuk Windows pada sistem GNU/Linux melalui Wine, telah diperbarui hari ini ke versi 2.0, rilis utama yang memperkenalkan perubahan dan peningkatan penting.

Perubahan besar dalam rilis DXVK 2.0 mencakup peningkatan manajemen memori untuk implementasi Direct3D 9 untuk dukungan yang lebih baik dari game D3D9 32-bit, bersama dengan dukungan yang tepat untuk membaca dari target render aktif di game D3D9.

Untuk Implementasi Direct3D 10, rilis ini menghapus implementasi d3d10.dll dan d3d10_1.dll yang tidak lengkap demi implementasi Wine dari DLL ini untuk mendukung game D3D10. Di sisi lain, implementasi Direct3D 11 sekarang mengekspos D3D11 Feature Level 12_1 dengan Tiled Resources dan Conservative Rasterization hingga Tier 3, serta Rasterizer Ordered Views.
“Meskipun tidak ada game yang diketahui menggunakan fitur ini secara langsung di D3D11, beberapa game dan peluncur game mengandalkan dukungan fitur yang konsisten antara D3D11 dan D3D12 untuk memungkinkan pengguna mengaktifkan D3D12 dalam opsi game. Meskipun implementasi kami dari fitur-fitur ini umumnya berfungsi, mungkin ada bug atau masalah kinerja jika game menggunakannya,” kata para pengembang dalam catatan rilis.
Implementasi Direct3D 11 juga menerima peningkatan implementasi ID3D11DeviceContext untuk lebih mengurangi CPU overhead dalam game dan meningkatkan kompatibilitas dengan perpustakaan dan mod pihak ketiga yang terhubung ke D3D11, sambil memberikan perilaku yang lebih dekat dengan yang ada di sistem Windows.

Selain itu, DXVK 2.0 membawa perubahan kompilasi shader untuk driver grafis yang mendukung VK_EXT_graphics_pipeline_library Vulkan ekstensi dengan mengkompilasi shader Vulkan saat permainan dimuat daripada saat menggambar. Saat ini, hanya NVIDIA 520.56.06 dan driver grafis yang lebih baru yang mendukung perubahan ini.

Di antara perubahan lainnya, rilis ini memperkenalkan dukungan untuk build Linux asli DXVK untuk pengembang yang ingin mem-port aplikasi D3D tanpa harus mengubah kode rendering, perilaku DXGI yang ditingkatkan rantai swap yang dapat ditunggu, peningkatan implementasi statistik bingkai DXGI, logika alokasi memori yang ditingkatkan pada grafis terintegrasi Intel, serta berbagai perbaikan bug.

Seperti yang diharapkan dari pembaruan DXVK baru, versi 2.0 juga membawa peningkatan untuk banyak game termasuk Alan Wake, Alice Madness Returns , Anomali: Warzone Earth, Beyond Good and Evil, Dragon Age Origins, Empire: Total War, Final Fantasy XV, GTA IV, Heroes Of Annihilated Empires, Limit King Of Fighters XIII, Metal Gear Solid V: Ground Zeroes, SiN Episodes: Emergence , Sonic Generations, Spider-Man: Shattered Dimensions, The Ship, Warhammer Online, dan Ys Seven.

DXVK 2.0 tersedia untuk diunduh sekarang dari halaman GitHub proyek i Jika Anda suka mengkompilasinya di distribusi GNU/Linux Anda, tetapi jika bukan itu masalahnya, Anda harus menunggu rilis ini tiba di repositori perangkat lunak stabil distro Anda untuk memperbarui dan menikmati pengalaman bermain game yang lebih baik di Linux.

Sumber: Google, 9to5linux.com